AS-Sudan Gelar Pembicaraan Rahasia Soal Penghapusan Sanksi

Minggu, 15 Januari 2017 - 13:42 WIB
AS-Sudan Gelar Pembicaraan Rahasia Soal Penghapusan Sanksi
AS-Sudan Gelar Pembicaraan Rahasia Soal Penghapusan Sanksi
A A A
KHARTOUM - Menteri Luar Negeri Sudan, Ibrahim Ghandour mengatakan, pencabutan sanksi yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) adalah hasil dari pembicaraan rahasia yang dilakukan oleh Sudan dan AS sejak tahun lalu. Pencabutan sanski itu ditujukan untuk memperkuat upaya melawan terorisme.
Presiden AS Barack Obama Jumat lalu mengumumkan pencabutan sanksi ekonomi kepada sejumlah negara, salah satunya Sudan. Obama mengatakan, ia mencoba untuk memperbaiki hubungan dengan negara yang pemimpinnya telah dituduh melakukan kejahatan perang.
"Kami mengadakan 23 pertemuan di Khartoum, jauh dari mata media sejak Juni 2016 yang berlangsung selama enam bulan. Pertemuan itu berakhir pada tanggal 13 Desember lalu," kata Ghandour, seperti dilansir Thepeninsulaqatar pada Minggu (15/1).
Terkait upaya melawan terorisme, Kepala Intelijen dan Keamanan Nasional Sudan (NISS), Mohammed Atta al-Mawla mengatakan, ia telah dua kali bertemu dengan kepala CIA John Brennan sejak Oktober 2015 untuk membahas hal ini.
"Sudan telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan AS sejak sebelum tahun 2000 dalam perjuangan melawan terorisme," kata Mawla. Namun, dia enggan mengatakan mengenai apakah AS memberikan bantuan teknis kepada Sudan untul melawan terorisme atau tidak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3873 seconds (0.1#10.140)