10 Negara dengan Imigran Terbanyak, Nomor 3 dan 6 Bergantung pada Tenaga Kerja Asing

Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
10 Negara dengan Imigran Terbanyak, Nomor 3 dan 6 Bergantung pada Tenaga Kerja Asing
Banyak negara maju menjadi tujuan utama imigran. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat , Jerman, dan Arab Saudi adalah negara yang memiliki imigran terbanyak, menampung jutaan orang kelahiran asing, baik yang resmi maupun tidak. Di sisi Timur Tengah, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab termasuk negara dengan populasi imigran tertinggi, yang datang ke sini terutama untuk mencari tenaga kerja.

Melihat sebaran imigran, International Organization for Migration (IOM) Report 2022 menyatakan bahwa 67% pekerja migran berada di negara berpenghasilan tinggi (sekitar 113,9 juta orang), 29% di negara berpenghasilan menengah, dan 3,6% berpenghasilan rendah di negara tuan rumah.

Sementara imigran resmi melalui proses otorisasi ekstensif untuk menetap di negara baru dan membayar jumlah yang lumayan untuk itu, imigrasi tidak sah terus menjadi masalah yang diperdebatkan di negara-negara yang menerima imigran paling banyak.

AS bergumul dengan masalah ini secara signifikan, dengan perkiraan 11 juta imigran tidak resmi, per perkiraan baru-baru ini. Demikian pula, Uni Eropa menghadapi tantangan, dengan kedatangan tidak teratur memuncak selama krisis pengungsi dan migrasi Suriah tahun 2015 ketika lebih dari satu juta migran menyeberang ke Eropa.

Melansir Monkey Insider, penanganan situasi menyoroti perpecahan di dalam UE. Beberapa negara anggota, seperti Jerman dan Swedia, awalnya menyambut pengungsi dalam jumlah besar, sementara yang lain, seperti Hungaria dan Polandia, sangat menentang kuota wajib untuk pemukiman kembali pengungsi.

Namun demikian, imigran ilegal adalah masalah mendesak di negara-negara ramah imigran seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris karena berdampak pada sistem ekonomi dan kesejahteraan mereka.

Di sisi lain, imigran juga menggunakan sumber daya publik secara tidak proporsional seperti layanan kesehatan dan pendidikan, seringkali tanpa memberikan kontribusi pajak yang proporsional. Ketidakseimbangan ini dapat membebani keuangan publik dan mengganggu layanan bagi penduduk resmi.

Berikut adalah 10 negara dengan jumlah imigran terbanyak.

1. Amerika Serikat

10 Negara dengan Imigran Terbanyak, Nomor 3 dan 6 Bergantung pada Tenaga Kerja Asing

Foto/Reuters

Jumlah Penduduk yang Lahir Di Negara Lain: 50,6 juta

Amerika Serikat (AS), sejak awal, telah menjadi magnet bagi para imigran untuk mencari kualitas hidup yang lebih baik. Selama bertahun-tahun, jumlah imigran dan penduduk asing telah tumbuh secara signifikan.

Tingkat imigrasi yang tinggi, baik legal maupun tidak sah, berkontribusi pada peningkatan permintaan perumahan dan menggelembungkan harga real estate. Imigrasi yang tidak sah juga menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan nasional, keamanan publik, dan supremasi hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)