alexa snippet

Turki-Rusia Buka Kemungkinan Keterlibatan AS Dalam Pembicaraan Damai Suriah

Turki-Rusia Buka Kemungkinan Keterlibatan AS Dalam Pembicaraan Damai Suriah
Turki menuturkan, mereka dan Rusia sudah sepakat mengenai kemungkinan untuk melibatkan Amerika Serikat (AS) dalam pembicaraan damai Suriah. Foto/Istimewa
A+ A-
ANKARA - Turki menuturkan, mereka dan Rusia sudah sepakat mengenai kemungkinan untuk melibatkan Amerika Serikat (AS) dalam pembicaraan damai Suriah. Pembicaraan damai itu rencananya digelar di Astana, Kazakstan pada akhir Januari mendatang.

Menteri Luar Negeri Rusia Mevlut Cavusoglu menyatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Rusia mengenai melibatkan AS dalam pembicaraan itu. Dan hasilnya kedua negara sepakat untuk melibatkan AS.

"Amerika harus dilibatkan dalam pembicaraan itu, dan itulah apa yang kita setujui dengan Rusia," kata Cavusoglu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Arab News pada  Jumat (13/1).

Sejauh ini pemerintah AS belum memberikan pernyataan apapun mengenai apakah mereka memutuskan akan terlibat dalam pembicaraan tersebut, atau tidak.

Pembicaraan damai itu sendiri diinisiasi oleh Turki, Rusia, dan juga Iran. Rencana pembicaraan damai itu muncul setelah Rusia dan Turki menyepakati kesepakatan gencatan yang sudah diaplikasikan selama dua pekan terakhir di Suriah.

Pemerintah Suriah sendiri sudah menyatakan akan hadir dalam pembicaraan itu, dan menyatakan siap untuk menegosiasikan apapun. Sementara itu dari sisi pemberontak belum ada kejelasan apakah mereka akan hadir, dan siapa yang akan mewakilinya.



(esn)
loading gif
Top