alexa snippet

AS Ingin Hadapi China di LCS, Filipina: Itu Hak Mereka

AS Ingin Hadapi China di LCS, Filipina: Itu Hak Mereka
Filipina mengaku tak mau ambil pusing mengenai keinginan Amerika Serikat (AS) untuk menghadang China di Laut China Selatan. Foto/Reuters
A+ A-
MANILA - Filipina mengaku tak mau ambil pusing mengenai keinginan Amerika Serikat (AS) untuk menghadang China di Laut China Selatan. Manila menyatakan itu hak AS untuk melakukan apa yang mereka mau.

Keinginan AS untuk menghadang China di kawasan sengketa itu disampaikan oleh calon Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson. Dia mengatakan, China seharusnya tidak diberikan akses ke pulau-pulau yanng telah dibangun di wilayah sengketa.

"Mereka (AS) mengatakan, mereka akan mencegah China melakukan aktivitas semacam ini. Jika ingin melakukan itu dan mereka memiliki kekuatan untuk melakukannya, biarkan mereka melakukannya," kata Menteri Luar Negeri Filipina, Perfecto Yasay.

Sebelumnya, Media China mengumbar retorika berbahaya dengan menantang AS perang dengan China. Retorika itu muncul sebagai reaksi atas sikap Washington yang akan melarang Beijing mengkases pulau-pulau sengketa di Laut China Selatan.

Dalam editorialnya hari Jumat, media China Global Times mengecam ide mantan bos Exxon Mobil Corp tersebut. ”Tillerson memiliki sikap yang lebih baik untuk strategi kekuatan nuklir, jika dia ingin memaksa kekuatan nuklir besar ini menarik diri dari wilayahnya sendiri,” bunyi editorial itu mengasumsikan AS harus perang nuklir dengan China jika melarang akses ke kawasan Laut China Selatan.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top