alexa snippet

Calon Menlu AS Tolak Ide Pelarangan Muslim Masuk AS

Calon Menlu AS Tolak Ide Pelarangan Muslim Masuk AS
Calon Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson menyatakan menolak ide pelarangan kaum Muslim untuk memasuki AS. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Calon Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson menyatakan menolak ide pelarangan kaum Muslim untuk memasuki AS. Ide pelarangan Muslim masuk AS disampaikan Donald Trump saat kampanye Presiden tahun lalu.

Berbicara saat ditanyai oleh Senat AS, Tillerson dengan tegas menolak ide pelarangan bagi Muslim AS. Dia menyatakan, harusnya bukan pelarangan yang diterapkan oleh AS, tapi pengecekan secara rinci mengenai orang yang masuk ke AS, untuk mengurangi ancaman yang mungkin yang akan ditimbulkan.

Selain itu, menurutnya pelarangan ini adalah bentuk diskriminasi terhadap sebuah kelompok, dan dia mengaku sangat tidak setuju dengan hal itu.

"Saya pikir apa yang penting adalah kita mampu membuat penilaian tentang orang-orang yang datang ke negara kita. Jadi, saya tidak mendukung penolakan terhadap kelompok tertentu," kata Tillerson, seperti dilansir NBC pada Jumat (13/1).

Saat kampanye lalu, Trump mendesak pemerintah AS untuk melarang Muslim masuk AS, setelah adanya aksi teror di sejumlah negara. Selain itu, ia juga mendesak pemerintah AS untuk mengawasi dengan ketat seluruh Muslim yang ada di dalam negeri.

Trump kemudian menegaskan kembali pernyataanya setelah dipastikan menang pemilu, dan bahkan menyebut akan melarang semua warga negara dimana terorisme dan kelompok radikal tumbuh subur.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top