alexa snippet

Calon Menhan AS Pilihan Trump Siap Konfrontasi dengan Rusia

Calon Menhan AS Pilihan Trump Siap Konfrontasi dengan Rusia
Calon kepala Pentagon pilihan Donald Trump, James Mattis, saat paparan di depan Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, Kamis (12/1/2017). Menurutnya, AS siap konfrontasi dengan Rusia. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A+ A-
WASHINGTON - Calon Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) pilihan Donald Trump, James Mattis, mengatakan AS harus siap konfrontasi lanjutan dengan Rusia. Calon kepala Pentagon ini menempatkan Rusia sebagai ancaman utama AS selain China dan teroris.

Komentar Mattis disampaikan di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, hari Kamis. Komentarnya mengejutkan, karena menyimpang dari retorika presiden terpilih Donald Trump sudah berjanji memulihkan hubungan AS dan Rusia. Trump bahkan selama ini mengumbar pujian terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Calon Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson sebelumnya juga mengungkapkan pandangan yang bertentangan dengan Trump soal isu-isu kebijakan luar negeri seperti proliferasi nuklir, transaksi perdagangan, perubahan iklim dan hubungan dengan Meksiko.

Mattis—pensiunan jenderal yang terlibat dalam Perang Irak—mengatakan Rusia, China dan militan Islamis menjadi tantangan terbesar terhadap tatanan dunia yang dipimpin AS sejak Perang Dunia II. Mattis yang dijuluki “Matt Dog” ini juga menyerukan kepada Kongres untuk meningkatan belanja militer AS.

”Saya sepenuhnya (siap) untuk terlibat, tetapi kita juga harus mengakui kenyataan yang terserah pada Rusia,” kata Mattis. Dia menembahkan bahwa ada penurunan sejumlah titik kerja sama antara AS dan Rusia.

Ditanya tentang ancaman utama terhadap kepentingan AS, Mattis mengatakan; "Saya akan mempertimbangkan ancaman untuk memulainya dengan Rusia.”

Mattis mengaku ingin bertemu dengan tim keamanan nasional baru AS di bawa kabinet Trump. “Untuk menyusun strategi guna menghadapi Rusia soal apa yang harus dilakukan,” ujarnya, ketika ditanya tentang kemungkinan AS menjatuhkan sanksi baru kepada Rusia, seperti dikutip Reuters, Jumat (13/1/2017).

Dia menuduh Rusia berusaha untuk merusak NATO. Tuduhannya ini juga menyimpang dari retorika Trump yang selama ini mengkritik keras NATO karena berkontribusi minim terhadap AS.

”Kami mengakui bahwa dia (Putin) sedang mencoba untuk memecah aliansi Atlantik Utara (NATO),” ujarnya.

Senator John McCain, Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, mengaku bahagia dengan pencalonan Mattis menjadi kepala baru Pentagon. Dia memperingatkan AS untuk tegas dengan Putin.
 
”Putin ingin menjadi musuh kita. Dia membutuhkan kita sebagai musuhnya. Dia tidak akan pernah menjadi partner kami,” kata McCain.
(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top