Daftar Keajaiban Dunia yang Penuh Misteri Tak Terpecahkan

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:06 WIB
loading...
Daftar Keajaiban Dunia yang Penuh Misteri Tak Terpecahkan
Stonehenge merupakan salah satu peninggalan prasejarah paling ikonik di dunia yang dibangun sekira 5.000 tahun lalu. (Foto: World Atlas)
A A A
JAKARTA - Keajaiban dunia yang tercatat dalam sejarah tidak selalu gamblang asal-usulnya. Bahkan ada 10 keajaiban dunia yang penuh misteri tak terpecahkan.

Kisah-kisah tentang situs pemakaman yang hilang hingga kota-kota yang tenggelam masih menarik imajinasi publik selama berabad-abad.

"Orang-orang terpesona oleh asal-usul, orang-orang terpesona oleh misteri," kata Andrea M. Berlin, seorang profesor arkeologi di Universitas Boston dilansir dari Live Science, Senin (7/8/2023).

Meskipun beberapa misteri dari kejaiban dunia kemungkinan tidak akan pernah terpecahkan, masih banyak yang berminat mengeksplorasi dengan bantuan teknologi baru.

Seperti yang ditunjukkan Berlin, seorang arkeolog masa kini yang menemukan palet tanah liat bertenaga reaktor atom untuk menyimpulkan komposisi kimia artifak.



Berikut beberapa artifak keajaiban dunia yang masih diselimuti misteri tidak terpecahkan hingga saat ini:

1. Thonis-Heracleion

Nama kota pelabuhan di tepian Laut Mediterania, Mesir ini berfungsi sebagai pusat perdagangan utama sebelum berdirinya Alexandria sekira 331 SM. Tokoh mitos Heracles dan Helen dari Troy diduga penah tinggal di kota Thonis-Heracleion. Sekitar abad kedua, pusat kota diperkirakan runtuh karena gempa bumi, tsunami, atau banjir. Akhirnya, seluruh penghuni Thonis-Heracleion tenggelam di bawah air.

Pada awal 2000an, arkeolog kelautan menemukan patung-patung besar, sarkofagus hewan, reruntuhan kuil, pecahan tembikar, perhiasan, koin, dan bahkan keranjang buah berusia 2.400 tahun tersapu ombak hingga ke tepian. Walhasil, muncul dugaan kisah kota yang hilang Atlantis ada di kehidupan nyata melalui temuan tadi.

2. Dataran Guci (Plain of Jars)

Ribuan guci batu yang tertutup lumut dari Zaman Megalithikum berjejer menghiasi lanskap pegunungan Laos utara. Tempat ini popular sebagai Dataran Guci karena ada lebih dari 2.000 guci kuno raksasa tersebar di sana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2544 seconds (0.1#10.140)