Wanita Muslim Ini Dicalonkan Jadi PM Rumania

Kamis, 22 Desember 2016 - 20:28 WIB
Wanita Muslim Ini Dicalonkan Jadi PM Rumania
Wanita Muslim Ini Dicalonkan Jadi PM Rumania
A A A
BUCHAREST - Nama Sevil Shhaideh (52) saat ini menjadi perbicangan hangat di Rumania. Shhaideh menjadi bahan pembicaraan karena dia adalah wanita Muslim pertama yang dicalonkan menjadi Perdana Menteri Rumania.
Shhaideh merupakan politisi dari Partai Sosial Demokrat Rumania. Partai ini merupakan pemenang dalam pemilihan Parlemen di Rumania yang berlangsung pada tanggal 11 Desember lalu.
Melansir Al Arabiya pada Kamis (22/12), pengumuman ditunjuknya Shhaideh sebagai calon Perdana Menteri Rumania disampaikan langsung oleh Ketua Partai Sosiaslis Demokrat, Liviu Dragnea.
Penujukan Shhaideh ini dilakukan, setelah Dragne dipastikan tidak bisa maju sebagai calon Perdana Menteri. Ini dikarenakan dugaan korupsi yang dilakukan ole Dragnea.
Shhaideh adalah anggota partai, tetapi tidak maju sebagai anggota Parlemen dalam pemilu. Dia pernah menjabat Menteri Pembangunan Daerah selama enam bulan pada tahun 2015 dan saat ini dia menjabat sebagai salah satu petinggi di kementerian itu.
Dia diketahui menikah dengan seorang pengusaha bernama Akram Shahida pada tahun 2011. Suaminya dikabarkan lahir dan besar Suriah, dimana Akram disebut berasal dari wilayah Latakia.
Namun, walaupun sudah ditunjuk oleh partainya, Shhaideh masih harus menanti persetujuan dari Parlemen Rumania untuk bisa maju dalam perebutan kursi Perdana Menteri di negara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4005 seconds (0.1#10.140)