Putra Presiden Kolombia Ditangkap dalam Penyelidikan Pencucian Uang

Minggu, 30 Juli 2023 - 07:05 WIB
loading...
Putra Presiden Kolombia Ditangkap dalam Penyelidikan Pencucian Uang
Nicolas Petro (kanan) bersama ayahnya pada tahun 2014, saat Gustavo Petro menjadi walikota Bogota. Foto/The Guardian
A A A
BOGOTA - Putra presiden Kolombia telah ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan pencucian uang profil tinggi atas dana yang diduga dikumpulkannya dari pengedar narkoba yang dihukum selama kampanye presiden tahun lalu.

Presiden Gustavo Petro, mantan pemberontak yang naik pangkat dalam politik Kolombia sebagai pejuang anti-korupsi, mengatakan dia tidak akanmengintervensi jalannyapenyelidikan.

“Sebagai individu dan ayah, saya sedih melihat begitu banyak penghancuran diri dan salah satu putra saya masuk penjara," kata Petro dalam pesan pagi di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.



"Sebagai presiden republik, saya telah meyakinkan kantor kejaksaan bahwa mereka akan memiliki semua jaminan sehingga dapat diproses sesuai hukum," tegasnya seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (30/6/2023).

Penangkapan Nicolas Petro merupakan pukulan besar bagi pemerintah, yang telah diterpa oleh serangan konservatif pada saat yang sama berjuang untuk mempertahankan dukungan bipartisan untuk Kolombia di Amerika Serikat (AS), sekutu lama dalam perang melawan narkoba dan memerangi kelompok bersenjata ilegal.

Investigasi bermula dari pernyataan mantan istri Nicolas Petro, Daysuris del Carmen Vasquez, kepada media lokal Semana tahun ini.

Dalam wawancaranya, Vasquez mengatakan dia hadir di pertemuan ketika suaminya mengatur sumbangan lebih dari 600 juta peso (sekitar £120.000) dari seorang politisi yang pernah dihukum di Washington karena perdagangan narkoba dan yang mencari dukungan kampanye Petro untuk melanjutkan karir politiknya.



Dia mengatakan Presiden Petro tidak mengetahui transaksi putranya dan uang yang dia kumpulkan atas nama kampanyenya disimpan di brankas di rumah pasangan itu di kota pesisir Barranquilla.

Nicolas Petro membantah klaim mantan istrinya dan mengatakan itu pernyataan itu tidak berdasar.

Kantor kepala kejaksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Nicolas Petro dan mantan istrinya ditahan atas perintah pengadilan di Bogota sekitar pukul 6 pagi waktu setempat pada hari Sabtu. Dikatakan bahwa jaksa penuntut akan meminta penahanan sementara mereka begitu mereka dibawa ke hadapan hakim sementara keduanya menyelidiki pencucian uang.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)