Politisi Anti Islam Belanda Divonis Bersalah dalam Kasus Ucapan Kebencian

Jum'at, 09 Desember 2016 - 19:07 WIB
Politisi Anti Islam Belanda Divonis Bersalah dalam Kasus Ucapan Kebencian
Politisi Anti Islam Belanda Divonis Bersalah dalam Kasus Ucapan Kebencian
A A A
AMSTERDAM - Pengadilan Belanda menjatuhkan hukuman kepada politis anti Islam Geert Wilders terkait kasus ucapan kebencian. Wilders dinyatakan bersalah atas pidatonya terhadap warga Maroko dalam sebuah kampanye dua tahun lalu.

Wilders menjadi pesakitan setelah dalam sebuah kampanyenya pada 2014 lalu mengucapkan kata-kata yang dianggap mengandung kebencian. Kala itu dalam sebuah pertemuan di sebuah kafe di Den Haag, Wilders bertanya kepada para pendukungnya apakan menginginkan lebih banyak warga Maroko atau lebih sedikit. Pertanyaan ini memicu yel-yel "Sedikit! Sedikit! Sediki!". Wilders pun menjawab, "Kami akan mengurusnya."

Wilders menyebutnya hal itu sebagai kebebasan berbicara namun hakim menyanggah hal itu. "Kebebasan berbicara adalah fondasi masyarakat demokratis. Namun kebebasan berbicara dapat dibatasi, misalnya melindungi hak-hak dan kebebasan orang lain, dan tentang itulah yang terjadi saat ini," kata Hakim Ketua Hendrik Steenhuis seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (9/12/2016).

Meski begitu, Steenhuis menyatakan pengadilan tidak akan memaksakan hukuman yang dijatuhkan kepada Wilders. Pengadilan hanya memerintahkan Jaksa untuk mendenda Wilders USD5.300.

Menanggapi hal iti, Wilders menyebut vonis yang dijatuhkan kepadanya adalah sebuah hal yang gila. Ia mengatakan bahwa ia telah dihukum oleh 3 hakim yang membenci partainya.

Wilders sendiri tidak menghadiri sidang tersebut. Namun ia sempat bersumpah hukuman tersebut tidak akan menghentikannya. "Apapun putusannya, saya akan terus berbicara kebenaran tentang masalah Maroko, dan tidak ada hakim, politisi, atau teroris yang akan menghentikan saya," cuitnya di Twitter sesaat sebelum putusan hakim dijatuhkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4406 seconds (0.1#10.140)