Situs KPU Ghana Diretas, Hasil Pemilu Kacau

Kamis, 08 Desember 2016 - 17:32 WIB
Situs KPU Ghana Diretas, Hasil Pemilu Kacau
Situs KPU Ghana Diretas, Hasil Pemilu Kacau
A A A
ACCRA - Situs Komisi Pemilihan Umum Ghana diretas oleh hacker ditengah penghitungan hasil pemilu yang ketat. Pihak komisi menyatakan situs tersebut telah kembali beroperasi namun hanya menampilkan halaman yang kosong.

Akibatnya, pihak Komisi Pemilihan Umum Ghana pun meminta warga untuk tidak mempercayai hasil pemilu yang beredar di media sosial. "Kami menyesalkan upaya untuk meretas situs komisi pemilu ini. Kami mohon untuk menghormati integritas dan independensi Komisi Pemilihan Umum," bunyi pernyataan komisi tersebut seperti dikutip dari BBC, Kamis (8/12/2016).

Ghana menggelar Pemilu pada Rabu kemarin yang berjalan dengan damai. Namun pemungutan suara terpaksa ditunda sampai Kamis setelah hasil pemilu dari salah satu daerah pemungutan suara gagal datang tepat waktu. Pemilu akan dilakukan hingga akhir bulan ini juga tidak ada satu pun dari dua kandidat utama mengamankan lebih dari 50% suara. Hasil pemilu ini diharapkan keluar dua hari ke depan.

Presiden John Mahama menghadapi tantangan kuat dari pemimpin oposisi utama Nama Akufo-Addo dalam masa kampanye yang didominasi oleh isu pereknomian Ghana yang goyah. Dalam pemilihan sebelumnya pada tahun 2012, Mahama berhasil mengalahkan Akufo-Addo dengan suara kurang dari 300 ribu orang.

Selain Mahama dan Akufo-Addo, pemilu presiden Ghana diikuti oleh lima kandidat lain dimana satu diantaranya adalah mantan ibu negara Nana Konadu Agyeman-Rawlings. Nana adalah istri dari Jerry John Rawlings yang menjadi presiden setelah merebut kekuasaan melaui kudeta pada 1979. Ia juga menjadi calon presiden wanita pertama di negara Afrika Barat itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4317 seconds (0.1#10.140)