Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Jadi Raja Baru Thailand

Jum'at, 02 Desember 2016 - 01:06 WIB
Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Jadi Raja Baru Thailand
Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Jadi Raja Baru Thailand
A A A
BANGKOK - Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, 64, menjadi raja baru Thailand pada hari Kamis setelah dia menerima undangan dari parlemen untuk menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal pada Oktober lalu. Raja baru Thailand ini dikenal dengan nama Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun.

Departemen Hubungan Masyarakat Parlemen Thailand dalam sebuah pernyataan mengatakan Vajiralongkorn sudah ditetapkan sebagai raja baru Thailand dan telah bertemu dengan Pornpetch Wichitcholchai, Presiden Dewan Perwakilan Nasional, di Istana Dusit Bangkok.

”Saya ingin menerima undangan untuk kepentingan rakyat Thailand,” kata raja baru Thailand itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan stasiun televisi setempat, seperti dikutip Reuters, Jumat (2/12/2016).

Seorang diplomat senior Barat mengatakan, kesediaan Vajiralongkorn naik tahkta akan menghilangkan kekhawatiran beberapa analis bahwa Kerajaan Thailand menuju periode ketidakstabilan setelah kematian Raja Bhumibol. Diplomat itu menolak disebut namanya, karena berbicara tentang keluarga kerajaan menjadi masalah sensitif di Thailand.

”Suksesi kerajaan ini menyoroti keinginan untuk stabilitas dan kontinuitas di Thailand,” katanya.

Thailand selama beberapa pekan tanpa dipimpin seorang raja setelah Vajiralongkorn menunda naik takhta sejak mangkatnya Raja Bhumibol. Untuk mengisi kekosongan takhta, kepala dewan penasihat raja, Prem Tinsulanonda, 96, ditunjuk sebagai wali yang fungsinya sebagai “raja sementara” Thailand.

Raja Maha Vajiralongkorn—yang juga akan dikenal sebagai Rama X, atau Raja ke-10 dari Dinasti Chakri Thailand—kalah populer ketimbang ayahnya. Dia telah menghabiskan banyak masa dewasanya di luar negeri dan memiliki rumah di Jerman.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7792 seconds (0.1#10.140)