Kemenag: Air Zamzam Tambahan untuk Jemaah Haji Dalam Proses Pengiriman

Sabtu, 22 Juli 2023 - 16:49 WIB
loading...
Kemenag: Air Zamzam Tambahan untuk Jemaah Haji Dalam Proses Pengiriman
Kemenag memastikan seluruh jemaah dan petugas haji akan mendapatkan tambahan air zamzam sebanyak 5 liter. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan seluruh jemaah dan petugas haji akan mendapatkan tambahan air zamzam sebanyak 5 liter. Saat ini air zamzam mash dalam proses pengiriman.

Seperti diketahui, selama ini jemaah dan petugas haji Indonesia hanya mendapat lima liter air zamzam saat tiba di Tanah Air. Namun pada tahun ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan tambahan air zamzam kepada jemaah dan petugas haji.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief mengatakan, tambahan air zamzam saat ini sedang dalam proses pengiriman.

“Kami di Kemenag sudah memproses pembelian zamzam secara resmi dari e-hajj, dan itu juga sudah merupakan hasil dari komunikasi kita dengan kementerian haji dan umrah Kerajaan Arab Saudi," kata Hilman didampingi Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag, Ahmad Fauzin, Sabtu (22/7/2023).



Menurut Hilman, saat ini proses pengiriman air zamzam baru sebagian. Sebab pihak Bea dan Cukai Arab Saudi masih menunggu izin dari Dewan Kerajaan Saudi Arabia terkait zamzam ekstra galon untuk jemaah haji Indonesia

"Karena memang dalam taklimatul hajj hanya 5 liter. Kalau untuk jemaah haji lebih dari itu juga harus mendapatkan perizinan. Khusus zamzamnya sudah kita beli secara resmi, sudah ada di bandara, waktu untuk pengirimannya sedang proses," katanya.

"Jadi, insya Allah untuk para jemaah kita sampaikan bahwa setiap jemaah dapat satu tambahan zamzam dan itu dari Kementerian Haji sudah approve," sambungnya.

Apabila izin tersebut telah keluar, pihaknya akan mengirimkan ke Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota sehingga jemaah akan lebih dekat aksesnya untuk mengambil air zamzam tersebut.



"Saya mohon dukungan dan doanya agar lancar jemaah mendapatkan oleh-oleh paling berharga dan ditunggu-tunggu yaitu air zamzam," katanya.

Di sisi lain, tercatat 56 tim MCH tiba di Tanah Air. Mereka terbang dengan Saudia Airlines dan mendarat sekitar pukul 09.00 WIB. Selama di Saudi, mereka bertugas di Daerah Kerja (Daker) Bandara, Daker Madinah, dan Daker Makkah.

"Saat ini kita berada dalam tahapan proses pengiriman zam-zam ke Indonesia,” ungkapnya.

Sebagaimana jemaah haji, tim MCH juga mendapat air Zamzam lima liter setibanya di Tanah Air. Adapun untuk lima liter berikutnya, hal itu masih menunggu proses pengiriman.

Hilman mengapresiasi kinerja sahabat media yang tergabung dalam tim MCH. Mereka terbukti disiplin dalam mengawal peliputan penyelenggaraan haji 2023.

"Saya memberikan apresiasi tinggi kepada teman-teman MCH yang telah bertugas dengan baik dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

“Berkat teman-teman media, informasi dan kebijakan haji tersosialisasikan dengan baik ke jemaah. Segala bentuk informasi yang tidak benar bisa terklarifikasi dan bisa tersampaikan dengan baik kepada keluarga jemaah sehingga membuat keluarga di Indonesia bisa tenang,” lanjutnya.

Hilman juga menjelaskan, pelibatan MCH merupakan bagian dari komitmen Kementerian Agama dalam mengawal keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2023.

“Terima kasih kepada semua petugas atas dedikasi dan keikhlasan dalam melayani haji. Semoga mabrur dalam bertugas dan ibadah. Aamiin,” tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)