Bertemu, Xi Jinping Sebut Henry Kissinger Teman Lama

Kamis, 20 Juli 2023 - 20:18 WIB
loading...
Bertemu, Xi Jinping Sebut Henry Kissinger Teman Lama
Presiden China Xi Jinping bertemu dengan mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger di Beijing. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada Henry Kissinger bahwa "teman lama" seperti dirinyaa tidak akan pernah dilupakan, dengan nada santai. Keduanya bertemu di ibu kota China pada Kamis (20/7/2023), di tengah upaya Beijing dan Washington untuk memperbaiki hubungan yang rusak.

"Sekali lagi, China dan AS berada di persimpangan ke mana harus pergi dari sini, dan sekali lagi, kedua belah pihak perlu membuat pilihan," kata Xi Jinping kepada mantan diplomat AS berusia 100 tahun itu seperti dikutip dari Channel News Asia.

Kissinger memainkan peran kunci dalam menormalisasi hubungan diplomatik antara Washington dan Beijing pada 1970-an ketika dia menjabat sebagai menteri luar negeri serta penasihat keamanan nasional dalam pemerintahan presiden Richard Nixon dan Gerald Ford.

“Rakyat China tidak pernah melupakan teman lama mereka, dan hubungan China-AS akan selalu dikaitkan dengan nama Henry Kissinger,” kata Jinping kepada Kissinger di Wisma Negara Bagian Diaoyutai, tempat pejabat asing sering diterima.



Kissinger, yang sangat dihormati di China dan telah melakukan kunjungan rutin sejak meninggalkan jabatannya, mengatakan dia bersyukur Beijing telah mengatur pertemuan di gedung tempat dia pertama kali bertemu dengan seorang pemimpin China.

"Hubungan antara kedua negara kita adalah masalah perdamaian dunia dan kemajuan masyarakat manusia," kata Kissinger seperti dilaporkan stasiun televisi pemerintah China, CCTV.

Kunjungan Kissinger ke China datang pada saat kedua negara adidaya itu memulai jalur untuk menghentikan terjun bebas hubungan mereka, yang sudah berada di posisi terendah dalam sejarah, agar tidak semakin tenggelam.

"China bersedia untuk mengeksplorasi dengan pihak AS cara yang benar bagi kedua negara untuk bergaul dan mempromosikan kemajuan yang stabil dari hubungan China-AS," ujar Jinping.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)