9 Tempat Terpanas di Bumi, Salah Satunya Pernah Masuk Guinness World Record

Kamis, 20 Juli 2023 - 16:54 WIB
loading...
9 Tempat Terpanas di Bumi, Salah Satunya Pernah Masuk Guinness World Record
9 tempat terpanas di bumi, salah satunya pernah masuk Guinness World Record. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya sembilan tempat terpanas di bumi yang menarik untuk diketahui. Salah satunya bahkan pernah masuk Guinness World Record.

Pada sejarahnya, muncul sejumlah rekor suhu tertinggi yang pernah terjadi. Tak selalu terjadi di wilayah gurun, beberapa di antaranya juga bisa muncul di beberapa kota tertentu. Lantas, mana sajakah tempat tersebut?

Tempat Terpanas di Bumi

1. Death Valley - California, Amerika Serikat


Furnace Creek di Death Valley, California menjadi tempat terpanas di dunia. Mengutip laman Independent, rekor suhu paling panas yang pernah dicatatkan adalah mencapai 56,7 derajat Celcius, tepatnya pada musim panas 1913 silam.

Awalnya, terjadi perdebatan terkait validitas suhu tersebut. Namun, jika memang terbukti palsu, saat ini Death Valley masih tetap menjadi yang teratas. Pada Agustus 2020 lalu, tempat tersebut mencatatkan suhu mencapai 54,4 derajat Celcius.

Tak hanya itu, Death Valley juga memiliki suhu rata-rata yang cukup tinggi selama musim panas. Rekor rata-rata tertinggi selama musim panas bisa mencapai 47 derajat Celcius.

Suhu tertinggi yang didapat di Death Valley juga juga sempat menempatkan wilayah itu masuk Guinness World Record. Tepatnya pada kategori tempat terpanas di bumi.

2. Kebili - Tunisia


Beralih ke Afrika, suhu tertinggi juga pernah mendapat klaim dari Kebili, Tunisia. Daerah ini terletak di selatan Tunisia dan menjadi salah satu kota utama di wilayah Nefzaoua.

Rekor suhu tertinggi di Kebili dikatakan terjadi pada 7 Juli 1931 silam. Saat itu, suhu di Kebili disebut mencapai 55 derajat Celcius.

3. Mitribah, Kuwait


Berikutnya ada Mitribah, Kuwait. Mengutip laman NationalNews, rekor suhu tertinggi terjadi pada tahun 2016. Saat itu, suhu di kota ini mencapai 54 derajat Celcius.

Setelahnya, suhu tinggi juga terus dilaporkan terjadi di kota tersebut. Tak hanya Mitribah, namun juga melanda daerah lain seperti Al Jahra yang dikatakan mencapai suhu 53 derajat Celcius.

4. Ahvaz, Iran

Ahvaz merupakan sebuah kota yang berada di barat daya Iran. Wilayah ini terkenal dengan sembilan jembatan yang menarik, termasuk Black Bridge dan White Bridge.

Pada tahun 2017 lalu, salah satu suhu tertinggi pernah dicatatkan di ibukota provinsi Khuzestan tersebut. Besarannya bahkan disebut mencapai 54 derajat Celcius.

5. Basra - Irak


Basra merupakan salah satu kota di Irak sebelah selatan. Wilayah tersebut pernah mencatatkan rekor suhu tertinggi di bumi. Pada 22 Juli 2016, suhu tempat itu pernah mencapai 53,9 derajat Celcius.

6. Turbat - Pakistan


Tempat terpanas di bumi berikutnya adalah Turbat di Pakistan. Pada 28 Mei 2017, kota itu pernah memiliki rekor suhu 53,7 derajat Celcius.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) telah mengonfirmasi bahwa suhu tersebut menjadi salah satu yang paling panas kala itu.

7. Wadi Halfa - Sudan


Sudan bagian utara menjadi salah satu wilayah yang panas dan kering. Dengan sedikit curah hujan, daerah tersebut pernah mencatatkan rekor suhu terpanas.

Rekor tersebut terjadi pada sebuah pos perdagangan yang berada di sepanjang Sungai Nil. Bernama Wadi Halfa, suhu saat itu dikatakan mencapai 53 derajat Celcius.

8. Mexicali - Meksiko


Beralih ke Meksiko, mereka pernah memiliki rekor suhu terpanas di Mexicali. Suhu 52 derajat Celcius terjadi pada 28 Juli 1995 dan masuk daftar tempat paling panas di bumi.

Pada statusnya, Mexicali memang terkenal dengan suhu panasnya. Bahkan, mereka memiliki julukan ‘The city that captured the Sun’. Suhu rata-rata tertinggi disana mencapai 42,2 derajat Celcius.

9. Ouargla - Aljazair


Berikutnya ada Ouargla yang berada di Aljazair. Pada tahun 2018, suhu tertinggi pernah dicatatkan pada 51,3 derajat Celcius.

Demikian ulasan mengenai sejumlah tempat terpanas di bumi yang menarik diketahui.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)