Bunuh Penjaga, 174 Napi Melarikan Diri dari Penjara Haiti

Minggu, 23 Oktober 2016 - 10:42 WIB
Bunuh Penjaga, 174 Napi Melarikan Diri dari Penjara Haiti
Bunuh Penjaga, 174 Napi Melarikan Diri dari Penjara Haiti
A A A
PORT AU PRINCE - Sebagian narapidana di penjara Haiti utara melarikan diri pada Sabtu (22/10/2016) setelah membunuh seorang penjaga dan mencuri senjata api. Pihak berwenang segera melakukan perburuan dengan dukungan dari pasukan penjaga perdamaian PBB untuk membekuk 174 buronan.

"Polisi mendirikan pos pemeriksaan di jalan-jalan yang mengarah dari penjara dan menahan beberapa orang yang tidak mengantongi kartu identitas" kata seorang saksi mata kepada Reuters, Minggu (23/10/2016). Untuk diketahui, 266 narapidana dari penjara Arcahaie tidak menggunakan seragam sehingga memudahkan mereka untuk berbaur.

Para pejabat mengatakan, sebelas narapidana berhasil ditangkap saat berusaha melarikan diri ketika mereka mencoba berenang. Parat tahanan yang melarikan diri berhasil mencuri setidaknya lima senapan dan menembak mati salah satu penjaga penjara.

Menteru Kehakiman Haiti, Camille Edouard Junior, mengatakan seorang tahanan meninggal setelah jatuh dari dinding dan kepalanya terbentur saat melarikan diri dari penjara Arcahaie di pantai utara ibukota Port-au-Prince.

"Salah satu penjaga tewas dalam insiden itu. Tiga tahanan terluka, termasuk satu yang meninggal sebagai akibat dari luka-lukanya," kata Edouard kepada Reuters.

Sebagai buntut dari melarikan diri massal ini, jasad penjaga yang tewas tergeletak di penjara dan sejumlah sendal berserakan di lantai. Kedutaan Amerika Serikat (AS) di Haiti langsung mengeluarkan pesan keamanan tentang jebolnya penjara di Arcahaie dan menyarankan warganya untuk menghindari daerah tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3601 seconds (0.1#10.140)