Ini Cara Menentukan UKT Mahasiswa, Ketahui Yuk Biar Bisa Menghitung Sendiri

Senin, 10 Juli 2023 - 10:03 WIB
loading...
Ini Cara Menentukan UKT Mahasiswa, Ketahui Yuk Biar Bisa Menghitung Sendiri
Mayoritas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerapkan biaya pangkal atau disebut sebagai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang nominalnya berbeda beda tiap kampus. Foto/Humas UGM.
A A A
JAKARTA - Ini cara menentukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa. Mayoritas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerapkan biaya pangkal yang disebut sebagai Uang Kuliah Tunggal (UKT) di mana setiap kampus berbeda-beda nominalnya.

UKT akan dibayarkan mahasiswa saat mendaftar ulang. Biaya UKT ini biasanya ditentukan sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa. Jadi setiap mahasiswa akan memiliki perbedaan saat melakukan pembayaran UKT. Dirangkum dari berbagai sumber, ini cara menentukan UKT mahasiswa.

Begini Cara Menentukan UKT Mahasiswa

1.Ketahui Golongan UKT di Kampus

Perlu diketahui, dalam pembayaran UKT terdapat 5 golongan, yaitu golongan I, II, III, IV, dan V. selain itu, perbedaan UKT ini juga disebabkan oleh jurusan yang diikuti mahasiswa.

Jurusan Saintek biasanya memiliki tagihan UKT yang lebih besar. Ini berkaitan dengan pembelian alat ajar dan praktikum yang mahal selama perkuliahan.Sementara kelas di jurusan Soshum biaya UKT lebih cenderung murah. Ini disebabkan kebutuhan bahan ajar tidak mahal seperti jurusan Saintek.



Namun, bagi mahasiswa yang mengikuti seleksi bidik misi, mereka tidak akan dikenakan biaya kuliah. Jadi selama kuliah mereka akan mendapatkan kesempatan gratis studi tanpa UKT.

2.Hitung Total Pendapatan Rumah Tangga

Agar mengetahui berada di golongan UKT mana, maka bisa dilakukan perhitungan pendapatan rumah tangga. Hitung seluruh pendapatan kedua orang tua beserta penghasilan tambahan yang didapatkan setiap bulan. Nantinya akan didapatkan penghasilan bersih dari orangtua tersebut.


3.Isi Formulir dengan Data yang Benar

Untuk menentukan UKT memang dibutuhkan sebuah rincian pengeluaran yang sangat detail. Jadi calon mahasiswa bisa mengisi seluruh pendapatan orang tua dan seluruh pengeluaran rutin yang dikeluarkan setiap bulan.Pengeluaran ini termasuk biaya yang akan dikeluarkan oleh orangtua saat membiayai biaya kehidupan selama mahasiswa kuliah juga ya.

4.Foto Kondisi Rumah

Foto kondisi rumah juga menjadi salah satu kunci pembayaran UKT. kondisi ini akan menjadi sebuah dasar pembayaran UKT yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Jadi setiap kampus bisa menilai kemampuan finansial setiap mahasiswa tersebut.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)