10 Negara Paling Korup di Dunia, Nomor 4 Justru Kaya Minyak dan Sumber Daya Alam

Sabtu, 08 Juli 2023 - 21:09 WIB
loading...
10 Negara Paling Korup di Dunia, Nomor 4 Justru Kaya Minyak dan Sumber Daya Alam
Somalia memiliki tingkat korupsi yang tinggi dan menyebabkan rakyatnya berada di jurang kemiskinan. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Korupsimenjadi tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang untuk keuntungan pribadi. Korupsi merusak kepercayaan, demokrasi, dan pembangunan ekonomi serta memperburuk ketidaksetaraan, kemiskinan, dan perpecahan sosial.

Korupsi terjadi di berbagai bidang, dan terjadi kerap di berbagai tingkatan pemerintahan. Sepanjang sejarah, banyak negara telah bergumul dengan momok korupsi, dengan beberapa di antaranya menjadi terkenal karena tingginya tingkat praktik melanggar hukum dan ketidakjujuran yang sistematis.

Berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi (CPI) yang dikeluarkan Transparency International, berikut adalah 10 negara berikut sering disebut memiliki tingkat korupsi yang tinggi.

1. Somalia (Skor CPI: 12)

Somalia secara konsisten menduduki peringkat sebagai salah satu negara paling korup di dunia. Somalia berada di peringkat terbawah CPI 2022.

Kekerasan yang tiada henti, ketidakamanan, dan ketiadaan pemerintah pusat terus menjadi penyebab utama korupsi yang merajalela di Somalia. Terorisme, represi kebebasan pers, ketidakstabilan politik, sosial, dan ekonomi, serta represi kebebasan berekspresi semuanya telah menghasilkan lahan subur bagi korupsi.

Negara ini juga terus menerus mengalami tingkat kemiskinan yang ekstrim, berjuang melawan kekeringan terburuk dalam 40 tahun.

2. Sudan Selatan (Skor CPI: 13)

Sudan Selatan adalah negara terkorup kedua di dunia berdasarkan CPI 2022. Seperti Suriah, Sudan Selatan mendapat skor 13, meningkatkan skor terakhirnya menjadi 11.

Terlepas dari menjadi negara termuda di dunia, ia telah menghadapi tantangan korupsi yang signifikan sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 2011. Korupsi menembus semua sektor ekonomi di Sudan Selatan dan semua tingkatan dari aparatur negara.

Ini terwujud melalui berbagai bentuk, termasuk korupsi besar-besaran dan jaringan klientelisme di sepanjang garis kesukuan. Kurangnya transparansi di sektor minyak dan keahlian dalam mengelola pendapatan minyak semakin meningkatkan korupsi.

3. Suriah (Skor CPI: 13)

Korupsi di Suriah mengikuti pola umum korupsi berbasis negara, termasuk pejabat pemerintah yang menyalahgunakan kekuasaan politik mereka untuk keuntungan pribadi, intimidasi, birokrasi, dan birokrasi.

Sepanjang tahun 2010-an, Suriah menghadapi konflik dan perang saudara. Musim Semi Arab adalah asal mula konflik yang sedang berlangsung di Suriah antara militer dan pasukan pemberontak. Perang sebagian besar berkontribusi pada korupsi yang meluas, seperti penyuapan, penggelapan, dan penyalahgunaan dana publik.

Suap digolongkan sebagai bentuk korupsi paling umum di Suriah, yang memengaruhi banyak sektor publik dan swasta. Ini tersebar luas terutama dalam sistem peradilan dan layanan keamanan.

4. Venezuela (skor CPI: 14)

Venezuela telah mengalami penurunan dalam tata kelola dan transparansi, dengan tuduhan adanya korupsi politik dan keuangan yang terus-menerus dalam administrasi publik, salah urus sumber daya, dan ketidakstabilan ekonomi. Negara peringkat nomor 177 di antara 180 negara dalam Indeks.

Kelimpahan minyak Venezuela dan sumber daya alam lainnya, yang melebihi 300 miliar barel, telah mengakibatkan pergolakan politik, krisis sosial ekonomi, dan korupsi. Kerawanan pangan, kemacetan, dan infrastruktur yang memburuk memperburuk situasi. Pejabat pemerintah juga dituduh melakukan kejahatan terlarang, seperti perdagangan narkoba.

5. Yaman (Skor CPI: 16)

Yaman adalah negara paling korup di Jazirah Arab. Skor indeks Yaman cenderung menurun dalam beberapa tahun terakhir. Itu telah menempati peringkat di antara 10 negara paling korup di dunia oleh CPI. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap reputasi Yaman sebagai negara yang korup adalah perang dan konflik, ketidakstabilan politik, konflik bersenjata, dan kesulitan ekonomi.

Pergolakan politik yang disaksikan negara ini sejak 2011 semakin memperburuk tantangan bagi perusahaan. Jaringan patronase dan praktik nepotisme menjalankan urusan sipil negara, yang mengawasi kontrak pemerintah dan seringkali mengeksploitasi usaha kecil melalui denda yang sewenang-wenang. Praktek-praktek seperti penyuapan pasif dan pemerasan juga disertakan. Suap dan hadiah adalah praktik yang tersebar luas di Yaman.

6. Libya (skor CPI: 17)

Libya adalah negara paling korup ke-171 dari 180 negara. Bahkan setelah revolusi dan pembunuhan Gaddafi pada 2011, korupsi di Libya tetap mewabah. Setelah perang saudara pertama, kekerasan dan ketidakstabilan politik bertahan di seluruh Libya, dan menteri pemerintah dan militer memiliki konflik kontrol negara. Korupsi dalam penegakan hukum juga lazim di Libya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)