2 Doa agar Dijauhkan dari Pikiran Kotor

Kamis, 06 Juli 2023 - 16:00 WIB
loading...
2 Doa agar Dijauhkan dari Pikiran Kotor
Pikiran-pikiran kotor harus dijauhi dan dihindari. Caranya dengan mengamalkan doa agar terlindung dari pikiran kotor tersebut serta dari kejelekan akhlak yang bersumber dari setan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Pikiran-pikiran kotor harus dijauhi dan dihindari. Caranya dengan mengamalkan doa agar terlindung dari pikiran kotor tersebut serta dari kejelekan akhlak yang bersumber dari setan.

Berikut ada beberapa doa yang bisa diamalkan yang bersumber dari hadis Rasulullah shallalallahu alaihi wa sallam seperti dilansir dalamislam sebagai berikut:

1. Doa berlindung dari kejelekan akhlak dan hawa nafsu.

Dalam sebuah hadis yang diriyawatkan oleh Ziyad bin ‘Ilaqah dari pamannya Quthbah bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam berdo’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ


Allohumma Inni A’udzu Bika Min Munkarootil Akhlaaqi Wal A’maali Wal Ahwaa

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek”

2. Doa takwa dan kesucian jiwa

Di antara do’a yang bisa dipanjatkan agar terhindar dari pikiran kotor adalah dengan memohon ketaqwaan hati dan kesucian jiwa. Diantara lafadz do’anya adalah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَن زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا


‘Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku ketakwaaan jiwa, dan sucikanlah ia karena Engkau-lah sebaik-baik Rabb yang menyucikannya, Engkau Pelindung dan Pemeliharanya.”



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3435 seconds (0.1#10.140)