Jelang Pemilu, Ini Nasihat Paus Francis untuk Warga AS

Senin, 03 Oktober 2016 - 11:17 WIB
Jelang Pemilu, Ini Nasihat Paus Francis untuk Warga AS
Jelang Pemilu, Ini Nasihat Paus Francis untuk Warga AS
A A A
ROMA - Pemimpin Vatikan, Paus Franciskus memberikan sedikit nasihat bagi warga Amerika Serikat (AS), khususnya mereka yang beragama Katolik terkait dengan pemilu yang akan berlangsung di AS. Paus Francis menyebut warga AS hanya harus melakukan tiga hal, yakni pelajari, berdoa, dan memilih.
Pernyataan Paus Francis itu muncul saat seorang jurnalis bertanya apa yang ingin disampaikan pemimpin umat Katolik itu kepada warga AS, dan bagaimana pendapatnya mengenai kebijakan melegalkan aborsi yang diusung Hillary Clinton, serta kebijakan imigrasi Donald Trump.
"Anda telah memberikan pertanyaan yang menggambarkan pilihan yang sulit, menurut Anda ada kesulitan dengan satu dan kesulitan dengan yang lain," kata kata Paus Francis merujuk pada Hillary dan Trump.
"Selama kampanye politik, saya tidak pernah mengatakan apapun. Orang-orang beragam dan memiliki hak. Saya hanya akan mengatakan, pelajari proposal dengan baik, berdoa dan memilih dengan hati nurani Anda," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (3/10).
Tapi, dia menambahkan AS merupakan salah satu negara yang telah menjadi begitu dipolitisir, dan bahwa AS telah secara efektif kehilangan apa yang disebut budaya politik.
"Ketika di negara manapun ada dua, tiga atau empat kandidat yang tidak memuaskan semua orang, itu berarti bahwa mungkin kehidupan politik negara tersebut telah menjadi terlalu dipolitisir dan tidak memiliki budaya politik yang kuat. Orang-orang mengatakan 'Saya dari partai ini' atau 'Saya dari partai itu, tapi sejatinya, mereka tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni, yang bisa menjadi daya tawar," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2951 seconds (0.1#10.140)