Eropa Tengah Ancam Veto Kesepakatan Brexit

Minggu, 18 September 2016 - 02:08 WIB
Eropa Tengah Ancam Veto Kesepakatan Brexit
Eropa Tengah Ancam Veto Kesepakatan Brexit
A A A
BRATISLAVA - Hungaria, Polandia, Republik Ceko dan Slowakia siap untuk memveto kesepakatan Brexit yang akan membatasi hak-hak warga negara mereka untuk bekerja di Inggris. Hal itu dikatakan oleh Perdana Menteri Slowakia Robert Fico.

Fico mengatakan, kelompok Visegrad (V4) yang terdiri dari negara-negara Eropa Tengah memiliki kepentingan bersama dalam melindungi hak-hak warga negara mereka untuk bekerja di Inggris.

"Negara-negara V4 akan tanpa kompromi. Kecuali kita merasa jaminan bahwa orang-orang ini (yang tinggal dan bekerja di Inggris) adalah sama, kita akan memveto kesepakatan apapun antara Uni Eropa dan Inggris," katanya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (18/9/2016).

Fico menegaskan bahwa ia menentang setiap "cherry picking" dalam negosiasi, mengatakan kebebasan Uni Eropa harus tetap. "Saya pikir Inggris tahu ini adalah masalah bagi kita di mana tidak ada ruang untuk kompromi," tegasnya.

Inggris telah mengatakan tidak akan memulai proses resmi untuk keluar dari Uni Eropa pada tahun ini tetapi baru akan melakukannya pada tahun depan, dan memulai penghitungan mundur selama dua tahun untuk keluar dari organisasi itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4472 seconds (0.1#10.140)