Jepang Pergoki 4 Kapal China di Kepulauan Senkaku

Minggu, 11 September 2016 - 14:53 WIB
Jepang Pergoki 4 Kapal China di Kepulauan Senkaku
Jepang Pergoki 4 Kapal China di Kepulauan Senkaku
A A A
TOKYO - Penjaga pantai Jepang mengatakan bahwa empat kapal China terdeteksi memasuki wilayah perairan Jepang. Mereka berada di dekat Kepulauan Senkaku yang disengketakan di Laut China Timur.

Penjaga pantai Jepang mengatakan bahwa kapal-kapal China tersebut masuk tanpa izin tinggal di perairan Jepang selama satu setengah jam meskipun diminta untuk meninggalkan wilayah itu seperti dikutip dari Sputniknews, Minggu (11/9/2016).

Kepulauan Senkaku, di China dikenal sebagai Kepulauan Diaoyutai, adalah sekumpula pulau berpenghuni yang ada di Laut China Timur. Kepulauan ini diperebutkan oleh China dan Jepang dan saat ini berada dibawah kontrol Tokyo.

Sengketa kepulauan ini telah memperburuh hubungan kedua negara Asia Timur itu selama beberapa dekade. China mengatakan Cina mengatakan bahwa pulau-pulau yang berdekatan telah menjadi bagian dari wilayahnya sejak zaman kuno.

Sementara Jepang berpendapat kepulauan itu sudah dalam kendali sejak 1895. Pulau-pulau ini secara singkat dipegang oleh Amerika Serikat (AS) dan diserahkan ke Jepang pada tahun 1972.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3261 seconds (0.1#10.140)