alexa snippet

Lithuania Kirim Ratusan Ton Amunisi Usang ke Ukraina

Lithuania Kirim Ratusan Ton Amunisi Usang ke Ukraina
Setidaknya 150 ton amunisi era Uni Soviet, yang mayoritasnya adalah amunisi untuk AK-47, telah dikirim ke Ukraina. (Reuters)
A+ A-
VILNIUS -  Pemerintah Lithuania mengaku telah mengirimkan ratusan amunisi usang, yang berada di bawah standar NATO kepada Ukraina. Setidaknya 150 ton amunisi era Uni Soviet, yang mayoritasnya adalah amunisi untuk AK-47, telah dikirim ke Ukraina.

Menurut Kementerian Pertahanan Lithuania, pengiriman itu dilakukan pada tahun 2014 lalu, sebagai bagian dari komitmen Lithuania untuk membantu Kiev melawan pemberontak di wilayah timur Ukraina. Pengiriman amunisi itu sepenuhnya dibiayai oleh Kiev.

"Militer mengirimkan amunisi ke Ukraina, yang digunakan tentara Lithuania sebelum mempersenjatai kembali militer sesuai dengan standar NATO," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (4/9).

Menteri Pertahanan Juozas Olekas mengkonfirmasikan, itu adalah kedua kalinya Vilnius mengirimkan bantuan militer ke Ukraina dalam dua tahun terakhir. "Kami menanggapi permintaan Ukraina dan berharap itu akan membuat hidup mereka lebih mudah," kata Olekas.

Selain mengirimkan amunisi, Lithuania juga menuturkan, mereka telah membantu reformasi dan mempersiapkan tentara Ukraina dalam menghadapi pertempuran. Selain itu, Vilnius juga turut membantu merawat tentara Kiev yang terluka.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top