Kelompok Bersenjata Rebut Desa di Mali Tengah

Sabtu, 03 September 2016 - 04:58 WIB
Kelompok Bersenjata Rebut Desa di Mali Tengah
Kelompok Bersenjata Rebut Desa di Mali Tengah
A A A
BAMAKO - Kelompok bersenjata merebut dan menguasai desa Boni di Mali tengah. Kelompok bersenjata itu berhasil mengusai desa tersebut setelah melakukan serangan secara berkelanjutan yang memaksa tentara Mali untuk mundur.

"Para pria bersenjata turun di kota dan menembak ke segala arah," kata warga Boni, Ali Dicko, sembari menambahkan mereka telah mengepung sebuah bangunan di mana kelompok pemuda melakukan pertemuan.

Dicko mengatakan orang-orang bersenjata berbicara Bambara, Mali lingua franca, dan Peul. Pihak militer Mali tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (3/9/2016).

Tidak diketahui kelompok bersenjata itu berafiliasi dengan kelompok mana. Kelompok-kelompok bersenjata telah menjamur di Mali sejak kelompok Islamis mengambil keuntungan dari pemberontakan etnis Tuareg pada 2012 untuk merebut wilayah utara dari negara padang pasir itu.

Tahun ini, kekerasan yang sebelumnya sebagian besar terbatas pada wilayah utara telah menyebar ke arah pusat Mali, hanya beberapa ratus mil dari ibukota Bamako.

Militan Islam menewaskan 17 tentara Mali dan melukai 35 orang ketika mereka menyerang sebuah pangkalan militer di kota Nampala Mali tengah pada bulan Juli lalu. Kelompok Islam Ansar Dine dan milisi etnis Peul mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3199 seconds (0.1#10.140)