alexa snippet

Jet Tempur Swiss Ditemukan, Nasib Pilot Masih Misterius

Jet Tempur Swiss Ditemukan, Nasib Pilot Masih Misterius
Kementerian Pertahanan Swiss menuturkan, tim pencari yang mereka kerahkan berhasil menemukan jet tempur yang hilang. (Istimewa)
A+ A-
ZURICH - Kementerian Pertahanan Swiss menuturkan, tim pencari yang mereka kerahkan berhasil menemukan jet tempur yang hilang. Namun, tim tidak menemukan sang pilot. Jet tempur itu hilang saat melakukan latihan rutin  pada Senin sore.

"Tim pencari berhasil menemukan jet tempur Angkatan Udara yang hilang saat latihan, tapi masih berusaha untuk menemukan pilot," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (30/8).

Sebelumnya diberitakana, insiden itu bermula saat pesawat lepas landas dari pangkalan udara di Meiringen pada pukul 14.01 waktu setempat. Pesawat yang hilang merupakan pesawat kedua yang ikut dalam latihan militer tersebut.

Kontak radio pesawat dengan pangkalan mulai hilang sekitar pukul 14.05 waktu setempat. Sejak itulah pesawat nahas itu dinyatakan hilang.

Insiden ini membuat Angkatan Udara Swiss menderita tiga kecelakaan dalam tiga tahun terakhir. Pada 2013, pesawat F/A18 jatuh. Kemudian tahun 2015, seorang pilot terluka ketika sebuah pesawat militer jatuh di sebelah tenggara Prancis.

Komandan Angkatan Udara Swiss, Aldo Schellenberg, mengatakan dalam konferensi pers, ia sangat terkejut dengan insiden tersebut. Ketika ditanya tentang kemungkinan kelangsungan hidup pilot, dia berkata: ”Kami berharap dan berdoa,” demikian laporan kantor berita Swiss SDA.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top