Rumania Tarik Dubesnya di Kenya setelah Menyamakan Orang Afrika dengan Monyet

Minggu, 11 Juni 2023 - 13:22 WIB
loading...
Rumania Tarik Dubesnya di Kenya setelah Menyamakan Orang Afrika dengan Monyet
Rumania tarik pulang duta besarnya untuk Kenya, Dragos Tigau, setelah diplomat tersebut menyamakan orang Afrika dengan monyet. Foto/The Star
A A A
NAIROBI - Pemerintah Rumania telah menarik duta besar (dubes)-nya untuk Kenya dan meminta maaf setelah diplomat tersebut menyamakan orang Afrika dengan monyet.

Dubes Dragos Tigau membuat komentar rasis itu selama pertemuan di sebuah gedung PBB di Ibu Kota Kenya, Nairobi, pada 26 April.

Menurut laporan kantor berita AFP, Tigau mengatakan: "Kelompok Afrika telah bergabung dengan kami" ketika dia melihat seekor monyet di luar jendela.

Perilaku Tigau pertama kali dipublikasikan pada hari Kamis oleh pejabat urusan luar negeri Kenya, Kamau Macharia.

Di Twitter Macharia mengatakan dia "terkejut dan muak" dengan insiden itu, dan mengeklaim bahwa upaya dilakukan untuk menutupi perilaku Tigau.



Menurut laporan surat kabar Standard, diplomat Afrika tersebut pada hari Jumat menuntut permintaan maaf publik, bersikeras bahwa permintaan maaf pribadi tidak cukup.

Pada hari Sabtu, Rumania mengumumkan bahwa mereka baru diberitahu tentang insiden tersebut minggu ini dan sekarang telah memulai prosedur untuk menarik duta besarnya.

"Kami sangat menyesali situasi ini dan menyampaikan permintaan maaf kami kepada semua orang yang terkena dampaknya," bunyi pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Rumania, seperti dikutip BBC, Minggu (11/6/2023).

"Perilaku atau komentar apa pun yang bersifat rasis sama sekali tidak dapat diterima," lanjut kementerian tersebut, berharap insiden itu tidak akan memengaruhi hubungannya dengan negara-negara Afrika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)