Rumania: Tidak Ada Kekuatan Tetap NATO di Laut Hitam

Senin, 20 Juni 2016 - 14:51 WIB
Rumania: Tidak Ada Kekuatan Tetap NATO di Laut Hitam
Rumania: Tidak Ada Kekuatan Tetap NATO di Laut Hitam
A A A
BUCHAREST - Presiden Rumania Klaus Iohannis menyatakan, tidak pernah ada ide untuk menempatkan kekuatan militer NATO secara tetap di kawasan Laut Hitam. Rumania adalah negara yang memiliki ide peningkatan kekuatan NATO di kawasan tersebut.

"Inisiatif Angkatan Laut di Laut Hitam merupakan latihan militer bersama dan bahwa NATO tidak dapat dan tidak ingin menempatkan armada di Laut Hitam," kata Iohannis, seperti dilansir Sputnik pada Senin (20/6).

Dirinya juga menuturkan mengapa inisiatif ini harus tetap berada di bawah payung NATO. Sebab, semua negara yang berada di kawasan Laut Hitamn, yakni Rumania, Bulgaria dan Turki adalah anggota atau mitra NATO.

"Mungkin ada kesalahpahaman muncul dalam kaitannya dengan konsep armada NATO. Tidak ada yang menciptakan armada NATO. Itu akan menjadi omong kosong. NATO tidak dapat dan tidak ingin menyimpan sendiri armada di Laut Hitam," sambungnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Bulgaria, Boyko Borissov menegaskan, mereka tidak akan bergabung dengan armada NATO yang akan berpatroli di Laut Hitam.

Borrissov menyatakan alasan Bulgaria tidak akan bergabung dengan armada tersebut adalah karena Bulgaria enggan mencari masalah dengan negara lain, terlebih dengan Rusia. Dia juga menilai Laut Hitam harus dipenuhi dengan kapal turut, bukan kapal perang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5164 seconds (0.1#10.140)