Mengenal 3 Negara Baltik, Salah Satunya Sokong Persenjataan Ukraina

Kamis, 01 Juni 2023 - 22:15 WIB
loading...
Mengenal 3 Negara Baltik, Salah Satunya Sokong Persenjataan Ukraina
Tiga negara Baltik, Estonia, Latvia, dan Lithuania. Dulunya bagian dari Uni Soviet, namun beralih menjadi anggota NATO. Foto/Encyclopedia Britannica
A A A
JAKARTA - Negara Baltik yang terdiri dari Estonia, Latvia, dan Lithuania berada di wilayah timur laut Eropa. Penamaan wilayah ini diambil dari Laut Baltik yang berbatasan di barat tiga negara ini.

Selain ada Laut Baltik di wilayah barat, tiga negara ini juga berbatasan dengan wilayah Rusia di timur, Belarusia di tenggara, dan Polandia di barat daya.

Dulunya ketiga negara ini berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Rusia, kemudian menjadi Uni Soviet, sebelum akhirnya memproklamirkan kemerdekaan tak lama setelah Soviet runtuh.



Ketiga negara ini merdeka pada tahun yang sama, pada 1918. Menurut laman Britanica, angka harapan hidup di negara Baltik ini tergolong rendah menurut standar Eropa. Hal itu disebabkan populasi yang mulai menua dan selalu menurun setelah kemerdekaan.

Itu terjadi karena pada saat kemerdekaan, seluruh imigran yang berasal dari Rusia kembali ke negaranya, diikuti dengan penduduk yang mulai migrasi ke wilayah Eropa Barat dan Amerika Utara.

Mengenal 3 Negara Baltik


1. Latvia


Kemerdekaan Latvia ditandai dengan munculnya perjanjian Brest-Litovsk antara Rusia dan Jerman pada bulan Maret dan gencatan senjata Sekutu dengan Jerman pada bulan November di tahun 1918. Sebelum merdeka, wilayah Latvia merupakan bagian dari Kekaisaran Rusia sejak tahun 1800-an.

Dilansir dari BBC, untuk memproklamirkan kemerdekaannya, Latvia harus berjuang melawan tentara Rusia dan Jerman. Sampai pada akhirnya dibentuk perjanjian perdamaian antara Latvia dan Rusia pada tahun 1920.

Rupanya perjanjian itu masih belum dapat meredam Jerman, di mana pada tahun 1941, pasukan Nazi berhasil menginvasi dan membunuh 70.000 orang Yahudi di Latvia.

Invasi tersebut akhirnya berhenti usai Berlin kalah dalam Perang Dunia II dan Adolf Hitler dinyatakan tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)