Dua Pesawat Mata-mata Rusia Muncul di Lepas Pantai Jepang

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:44 WIB
loading...
Dua Pesawat Mata-mata Rusia Muncul di Lepas Pantai Jepang
Jepang menerbangkan jet tempur setelah mendeteksi pesawat mata-mata Rusia IL-20 di lepas pantainya. Foto/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Jepang mengerahkan jet tempur ke lepas pantainya setelah pesawat "pengumpul informasi intelijen" Rusia terdeteksi di lepas pantainya di sepanjang Samudra Pasifik dan Laut Jepang. Hal itu diungkapkan Staf Gabungan Jepang.

Dalam sebuah pernyataan, Staf Gabungan Jepang mengatakan satu pesawat Rusia melakukan perjalanan dari utara Jepang ke sepanjang bagian pantai barat, sementara yang lain mengambil rute yang sama di sepanjang pantai yang berlawanan dan kembali dengan cara yang sama.

“Sebagai tanggapan, pesawat tempur Angkatan Udara Utara Angkatan Udara Bela Diri dan unit lainnya dikerahkan,” tambahnya seperti dilansir dari Channel News Asia, Kamis (25/5/2023).

Sementara itu dilansir dari Sky News, Kementerian Pertahan Jepang mengatakan pihaknya mendeteksi satu pesawat pengumpul informasi intelijen IL-20 milik Rusia yang terbang bolak balik di Laut Okhotsk ke Pasifik.



Ditambahkan bahwa mereka juga mendeteksi pesawat IL-20 lain yang terbang menunju perairan dekat Pulau Sado sebelum berbelok ke arah benua.

Laut Okhotsk terletak di utara pulau utama paling utara Jepang Hokkaido, sedangkan Kepulauan Sado berada di lepas pantai barat Niigata.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai insiden tersebut, yang terjadi beberapa hari setelah Jepang menjamu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di KTT G7 di Hiroshima.

Jepang telah bergabung dengan sekutu Barat dalam memberikan sanksi kepada Moskow atas invasinya ke Ukraina, dan telah memperingatkan ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia.

Dokumen keamanan terbarunya, yang pernah menyerukan peningkatan hubungan dan kerja sama dengan Rusia, kini memperingatkan bahwa sikap militer Moskow di Asia dan kerja sama dengan China adalah masalah keamanan yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)