PM Modi: India Akan Lakukan Apa pun untuk Selesaikan Krisis Ukraina

Sabtu, 20 Mei 2023 - 23:47 WIB
loading...
PM Modi: India Akan Lakukan Apa pun untuk Selesaikan Krisis Ukraina
PM Modi: India Akan Lakukan Apa pun untuk Selesaikan Krisis Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
HIROSHIMA - India akan melakukan "apa pun yang kami bisa" untuk menyelesaikan krisis Ukraina . Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Narendra Modi pada Sabtu (20/5/2023), ketika dia bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia.

“Saya memahami rasa sakit Anda dan rasa sakit warga Ukraina dengan sangat baik,” kata Modi, saat keduanya bertemu di sela-sela KTT Kelompok 7 di Hiroshima, Jepang, seperti dikutip dari AFP.



“Saya dapat meyakinkan Anda bahwa untuk menyelesaikan India ini dan, saya pribadi, akan melakukan apa pun yang dapat kami lakukan,” lanjut Modi.

Itu adalah pertemuan tatap muka pertama pasangan itu sejak invasi Rusia dimulai 15 bulan lalu, yang dengan tegas ditentang oleh New Delhi.

Sebuah postingan di akun Telegram Zelensky mengatakan, dia telah “berterima kasih kepada India karena telah mendukung integritas teritorial dan kedaulatan negara kita, khususnya di situs organisasi internasional.”

Zelensky juga berterima kasih kepada Modi karena telah memberikan bantuan kemanusiaan ke negara yang dilanda perang, dan mengundang India untuk bergabung dalam implementasi inisiatif “formula perdamaian” yang dirancang oleh Ukraina.



Zelensky tiba di Hiroshima pada Sabtu sore. Dia dengan cepat memulai badai pitstop diplomatik dengan para pemimpin dari negara-negara demokrasi maju utama di G7, serta mengundang negara-negara berkembang, termasuk India.

Modi juga berterima kasih kepada Zelensky atas bantuan yang diberikan kepada siswa India setelah invasi Rusia, tambah postingan Telegram itu.

Pemimpin Ukraina itu sebelumnya mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Rishi Sunak dari Inggris, yang juga dia temui beberapa hari lalu dalam tur sekutu Eropa untuk menggalang dukungan bagi serangan musim semi yang direncanakan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)