YouTuber Ini Sengaja Jatuhkan Pesawat demi Konten

Sabtu, 13 Mei 2023 - 01:05 WIB
loading...
YouTuber Ini Sengaja Jatuhkan Pesawat demi Konten
YouTuber Trevor Jacob sengaja menjatuhkan pesawat yang dia piloti di Amerikat Serikat demi konten videonya ditonton banyak orang. Foto/Trevor Jacob
A A A
WASHINGTON - Seorang YouTuber di Amerika Serikat (AS) sengaja menabrakkan pesawat yang dia piloti demi mendapatkan banyak viewers atau penonton. Namun dia terancam hukuman 20 tahun penjara atas tuduhan menghalangi penyelidikan agen federal dengan membersihkan lokasi kecelakaan.

Trevor Jacob (29) mem-posting video kecelakaan pesawat ke YouTube pada Desember 2021, menyiratkan bahwa itu adalah kecelakaan. Video itu memiliki lebih dari 2,9 juta viewershingga saat ini.

Dalam kesepakatan pembelaan, dia mengatakan bahwa dia membuat video tersebut sebagai bagian dari kesepakatan sponsor produk.



YouTuber yang juga dikenal sebagai pilot dan penerjun itu telah setuju untuk mengaku bersalah atas satu tuduhan kejahatan perusakan dan penyembunyian barang bukti dengan maksud untuk menghalangi penyelidikan agen federal. Demikian disampaikan Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan pada Kamis, yang dilansir BBC, Jumat (12/5/2023).

Pada November 2021, Jacob meninggalkan bandara Santa Barbara, California, dalam penerbangan solo dengan kamera terpasang di pesawatnya. Bersamaan dengan kamera, Jacob membawa parasut, serta tongkat selfie.

"Dia tidak bermaksud untuk mencapai tujuannya, tetapi malah berencana untuk keluar dari pesawatnya selama penerbangan dan merekam dirinya terjun payung ke tanah dan pesawatnya saat turun dan jatuh," kata Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik California Tengah.

Pesawat jatuh menghantam Hutan Nasional Los Padres 35 menit setelah lepas landas. Dia mendaki ke lokasi dan memulihkan rekamannya.

Beberapa penonton YouTube merasa skeptis dengan kecelakaan itu, mencatat bahwa Jacob sudah mengenakan parasut dan tidak berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat.

Dia melaporkan kecelakaan itu ke Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, yang mengatakan dia bertanggung jawab untuk menjaga reruntuhan pesawat. Menurut kesepakatan pembelaan, Jacob kemudian mengaku tidak mengetahui lokasi situs tersebut.

Namun dia kembali ke lokasi kecelakaan dengan helikopter dan mengamankan serta memindahkan puing-puing, yang kemudian dia hancurkan.

Jacob diharapkan untuk hadir di sidang perdananya di pengadilan dalam beberapa minggu mendatang.

Lisensi pilotnya telah dicabut tahun lalu. Pengacara Jacob belum menanggapi permintaan komentar.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)