Rahasia Fidel Castro, Dicap Komunis Munafik hingga Koleksi Gundik

Senin, 21 Maret 2016 - 13:25 WIB
Rahasia Fidel Castro, Dicap Komunis Munafik hingga Koleksi Gundik
Rahasia Fidel Castro, Dicap Komunis Munafik hingga Koleksi Gundik
A A A
HAVANA - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama melakukan kunjungan bersejarah ke Kuba hari ini (21/3/2016). Namun, Obama tidak menemui mantan pemimpin Kuba yang juga tokoh komunis, Fidel Castro.

Meski tidak ditemui Obama, sosok Fidel Castro menjadi sorotan media karena kehidupannya yang penuh rahasia.

Bekas pengawal Fidel Castro, Juan Reinaldo Sanchez, membongkar kehidupan rahasia pemimpin komunis itu dalam bukunya berjudul “The Double Life of Fidel Castro”. Sanchez yang sudah 17 tahun jadi pengawal Fidel Castro, menyebut mantan pemimpin Kuba itu sebagai komunis munafik. Alasannya, retorika komunis-nya berbeda dengan tindakannya.

Menurut Sanchez, di saat rakyat Kuba menderita, Fidel Castro tinggal di kenyamanan. Dia menjaga segala sesuatu, termasuk delapan anak, banyak gundik, hingga istri yang dirahasiakan.

Dalam tulisannya Sanchez mengungkap bahwa Fidel Castro menikah pertama dengan wanita kelas menengah; Mirta Díaz-Balart. Fidel kemudian menikah dengan guru bernama Dalia Soto del Valle.

Fidel, lanjut Sanchez, juga berselingkuh pertama kali dengan wanita Havana; Natalia Revuelta yang sangat cantik. Perselingkuhan kedua dilakukan dengan Celia Sanchez, sekretaris pribadinya yang menjaganya selama 30 tahun atau lebih.

Sanchez juga merinci nama-nama gunduk Fiidel. Di antaranya, Juana Vera alias Juanita; interpreter berbahasa Inggris dan pelayan intelijen,Gladys; pramugari maskapai Kuba yang menemaninya pada perjalanan luar negeri. Kemudian Pilar alias Pili, juru bahasa Prancis. Sanchez meyakini masih banyak gundik Fidel Castro lain yang dia tidak ketahui.

Rakyat Kuba hampir tidak tahu tentang semua ini. Selama beberapa dekade, publik negara komunis itu hanya tahu sebagian kecil dari kehidupan pribadi dari sang Lider Máximo. Menurut Sanchez, ada yang luar biasa karena rakyat Kuba tidak melihat atau bahkan mengetahui keberadaan Dalia, wanita yang berbagi hidup dengan Fidel Castro sejak tahun 1961.


Fidelito Manja

Anak tertua dari anak-anak Fidel Castro yang dari istri resmi diketahui bernama Fidelito, atau Fidel Junior (resmi karena Fidel Castro—versi Sanchez—memiliki anak haram”; Jorge Ángel, enam bulan sebelum Fidelito lahir).

Kesamaan fisik sangat mencolok antara Fidel dan Junior; hidung yang sama, profil Yunani yang sama, garis rambut yang sama, jenggot yang sama. Tapi ada kehidupan yang berbeda.

Lahir pada tahun 1949, Fidelito adalah satu-satunya putra Mirta Díaz-Balart, seorang wanita Havana yang sangat cantik yang telah menikah dengan Fidel Castro ketika ia masih seorang mahasiswi hukum. Dalam salah satu kebiasaan aneh, keluarga Mirta ini telah terkait erat dengan rezim Batista ketika yang terakhir menjadi diktator pada tahun 1952.


Setelah bulan madu mereka di New York, Fidel begitu cepat kehilangan ketertarikan pada Mirta. Mereka bercerai pada 1955. Namun, Fidel memenangkan hak asuh Fidelito.


Si “Fidel kecil”menjadi sosok ahli waris Fidel. Sehingga, dia menjadi satu-satunya dari banyak anak Fidel Castro untuk diperkenalkan kepada media. Pada tahun 1959, di saat-saat mengesankan dari siaran televisi CBS, Fidelito yang masih kecil muncul dengan piyama di sebelah ayahnya yang juga memakai piyama.

Dengan nama samaran José Raúl, Fidelito belajar fisika nuklir di Uni Soviet—kini bernama Rusia. Dia menikah dengan seorang gadis Rusia. Dia diangkat sebagai kepala Komisi Energi Atom Kuba (CEAC) pada tahun 1980.


Fidelito telah menunjukkan dirinya menjadi anak seorang Fidel Castro. Dia mabuk ornamen kekuasaan. Dia berjalan di jalan-jalan Havana disertai pengawal. Tapi, kehidupan Fidelito tak beruntung selamanya. Pada tahun 1992, dia dipecat dari CEAC.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3542 seconds (0.1#10.140)