Liga Arab Tetapkan Hizbullah Sebagai Organisasi Teroris

Sabtu, 12 Maret 2016 - 17:01 WIB
Liga Arab Tetapkan Hizbullah Sebagai Organisasi Teroris
Liga Arab Tetapkan Hizbullah Sebagai Organisasi Teroris
A A A
KAIRO - Liga Arab secara resmi menetapkan kelompok Syiah yang berbasis di Lebanon, Hizbullah, sebagai organisasi teroris, seperti diberitakan media milik pemerintah Mesir. Pemberian label organisasi teroris terhadap Hizbullah ini semakin meningkatkan ketegangan antara Sunni dan Syiah di Timur Tengah.

"Komite menteri luar negeri Liga Arab telah memutuskan pada hari Jumat untuk mempertimbangkan Hizbullah sebagai organisasi teroris," bunyi pernyataan Liga Arab yang diberitakan kantor berita negara Mesir, Mena, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (12/3/2016).

Deklarasi tersebut terjadi beberapa jam setelah delegasi Arab Saudi melakukan walk out dari pertemuan, setelah pidato Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari. Dalam pidatonya, Jaafari membela kelompok milisi Syiah Hashd Shaabi.

Selain itu, dalam pernyataannya, Liga Arab juga mengutuk intervensi Iran dalam urusan internal Bahrain. Liga Arab juga menyatakan, Hizbullah bersama pengawal revolusi Iran membiayai dan melatih kelompok-kelompok teroris di Bahrain.

Duta Besar Arab Saudi untuk Mesir, Ahmed Kattan mengatakan negara-negara Teluk akan mengambil langkah-langkah lebih lanjut terhadap Hizbullah.

"Kami akan menghadapi Hizbullah seperti kita berurusan dengan organisasi teroris. Arab Saudi dan negara-negara Teluk telah mulai mempersiapkan langkah-langkah itu akan melawan partai teroris dan mereka akan diumumkan pada waktu yang tepat," kata Kattan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3228 seconds (0.1#10.140)