7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia

Minggu, 26 Juli 2020 - 11:53 WIB
loading...
7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia
Sejarah adalah guru terbaik. Sejarah membentuk cara kita memandang dunia di masa kini dan memengaruhi cara kita memahami realitas masa depan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
HISTORIA magistra vitae atau sejarah adalah guru terbaik. Sejarah membentuk cara kita memandang dunia di masa kini dan memengaruhi cara kita memahami realitas masa depan.

Berikut sejumlah peristiwa besar paling bersejarah di dunia. (Baca juga: Perjalanan Panjang Kue Pie hingga Dikenal di Seluruh Dunia)

1. Penemuan Mesin Cetak Gutenberg (1440)

7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia


Mesin cetak mungkin menjadi penemuan paling penting selama 2.000 tahun terakhir. Penemu asal Jerman, Johannes Gutenberg, memperkenalkan mesin cetak ke Eropa, merevolusi literasi dan bertindak sebagai katalis untuk penyebaran pengetahuan di seluruh dunia. (Baca juga: 10 Surat Kabar Tertua di Dunia)

Penemuannya adalah salah satu kekuatan pendorong utama di belakang Renaisans. Sebelum mesin cetak Gutenberg ditemukan, buku disalin dengan tulisan tangan dan dipatok dengan harga yang sangat mahal

2. Renaisans (Abad 14-17 M)

7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia


Tokoh-tokoh seperti Leonardo Da Vinci, Michelangelo, dan Raphael adalah contoh kecil dari seberapa besar kontribusi Renaisans terhadap dunia. Salah satu periode sejarah dunia yang paling kaya akan budaya dan arsitektur ini menandai transisi akhir dari Abad Pertengahan ke periode modern.

Renaisans memicu kelahiran kembali peradaban setelah wabah hitam, menyingkirkan kebodohan dan melahirkan perkembangan ilmu matematika dan astronomi. Buku-buku dicetak untuk pertama kalinya, memberi orang awam kemampuan untuk membaca sesuka hati. (Baca juga: Leonardo Opera Omnia, Ajang Mengenang 5 Abad Kematian Leonardo da Vinci)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)