Korban Tewas Topan Winston di Fiji Capai 42 Jiwa

Rabu, 24 Februari 2016 - 17:24 WIB
Korban Tewas Topan Winston di Fiji Capai 42 Jiwa
Korban Tewas Topan Winston di Fiji Capai 42 Jiwa
A A A
SUVA - Pemerintah Fiji dan badan bantuan internasional mulai menyalurkan bantuan kepada korban Topan Winston di pulau-pulau terpencil di Fiji dan desa-desa pesisir yang hancur.

Sementara itu, jumlah korban Topan Winston yang melanda negara itu pada Sabtu malam terus merangkak naik. Terakhir, jumlah warga yang tewas mencapai 42 orang. Selain itu, ribuan orang masih berlindung di pusat-pusat evakuasi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2016).

Sebuah tim tanggap darurat dari Palang Merah Internasional berhasil mencapai pulau terluar Koro, ketujuh terbesar dari 300 pulau di Fiji dan salah satu yang paling parah, dengan kapal pada Selasa malam.

"Kami tidak tahu berapa banyak dermaga yang hancur di pulau-pulau terluar dan apakah kapal yang membawa bantuan bisa mendarat," kata Dylan Quinnell, juru bicara Perawatan Australia di ibukota Fiji Suva.

Dua negara tetangga terdekat Fiji, Australia dan Selandia Baru mengatakan mereka siap untuk menyebarkan helikopter untuk menjangkau daerah-daerah lain yang masih terputus.

"Kami juga telah mengirim dua pesawat pengintai P3 Orion dan mereka akan melakukan penilaian harian dari kerusakan terutama di pulau-pulau terpencil," kata Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)