Waspadalah AS! Iran Bisa Lacak Tanda Radar Unik Tiap Jet Tempur F-35

Sabtu, 29 April 2023 - 01:01 WIB
loading...
A A A
"Segera setelah kami mulai mengganggu mereka, kedua pesawat menyadari bahwa sistem darat kami mengganggu mereka, jadi mereka mengirim radio ke pangkalan bahwa 'jammer sedang beroperasi di sini dan kami tidak dapat lagi beroperasi.' Kemampuan ini ada di Angkatan Bersenjata kita hari ini. Kita dapat mengganggu (musuh) jika kita melihat ancaman pada jarak beberapa ratus kilometer jauhnya," ujar dia.

Rastegari, veteran pertempuran sengit antara pasukan Iran dan Amerika Serikat (AS) yang beroperasi di Teluk Persia selama Perang Iran-Irak, mengenang bahwa sebagai seorang perwira muda di kapal perang Iran yang melawan Armada ke-5 AS yang kuat, dia harus mengamati dengan "kepahitan" bagaimana militer Iran terpaksa mengandalkan meriam antipeluru era Perang Dunia II untuk melawan pesawat jet A-6 Intruder Amerika, yang memungkinkan pesawat AS bertindak secara efektif tanpa mendapat hukuman.

“Tapi bukan itu masalahnya hari ini,” papar brigadir jenderal itu.

Dia menekankan, menunjuk pada kemajuan dramatis dalam teknologi radar dan rudal yang memungkinkan pertahanan Iran menjatuhkan drone mata-mata Global Hawk AS yang tersembunyi pada tahun 2019 setelah menyusup ke wilayah udara Iran di atas Selat Hormuz, hanya dengan satu tembakan.

Pejabat itu mencirikan era saat ini sebagai era perang "generasi keenam" yang terdiri dari perang hibrida dan berorientasi jaringan, senjata pintar, sistem senjata tak berawak, dan kecerdasan buatan.

“Untuk tetap selangkah lebih maju dari musuh, radar dan sistem peperangan elektronik Iran harus dapat melihat musuh sebelum mereka melihat Iran,” ungkap dia.

Iran sudah terlibat dalam "perang elektronik" melawan musuh-musuhnya, menurut Rastegari, dengan musuh menguji pertahanan wilayah udara negara itu secara teratur.

Pasukan pertahanan udara dan perbatasan Iran juga dipaksa terlibat dalam pertempuran terus-menerus melawan drone mikro. Militer Iran menggunakan alat perang elektronik untuk menjatuhkan drone itu sebelum mereka dapat mencapai targetnya.

Iran Electronic Industries (IEI) adalah perusahaan milik negara dan merupakan perusahaan elektronik terbesar di Republik Islam.

Produk-produknya telah memberi negara Timur Tengah itu peralatan lengkap buatan sendiri mulai dari radar dan elektro-optik hingga sistem peperangan elektronik dan telekomunikasi terenkripsi, satelit, sonar, dan sistem peperangan berbasis jaringan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)