Daftar Wilayah dan Negara yang Didatangi Balon Pengintai China

Senin, 24 April 2023 - 16:17 WIB
loading...
Daftar Wilayah dan Negara yang Didatangi Balon Pengintai China
Balon mata-mata China diduga melintasi sejumlah negara. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Balon mata-mata China yang diduga ditembak jatuh setelah melintasi wilayah Amerika Serikat (AS) telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah balon udara lain seperti itu telah melayang ke wilayah udara negara lain di masa lalu.

Dalam laporan media Februari lalu, setidaknya empat pemerintah negara lain telah melaporkan contoh tambahan kemungkinan balon pengawasan.

Pejabat Pertahanan AS juga melaporkan beberapa penampakan perangkat ini sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, hanya sedikit detail yang diketahui publik tentang banyak penampakan balon ini. Balon ini biasanya terbang jauh lebih tinggi dari pesawat terbang.

Balon terbaru di AS melayang di ketinggian 60.000 kaki, hampir dua kali ketinggian kebanyakan pesawat komersial.

Para ahli mencatat, sulit untuk mendeteksi jenis balon ini jika Anda tidak mencarinya. Tidak seperti rudal dan pesawat terbang, operator radar militer seperti Komando Utara AS dan Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) tidak terlalu fokus mendeteksi balon udara tiup.

Berikut ini daftar wilayah negara yang dilintasi balon mata-mata China:

1. Amerika Serikat


Jenderal Glen VanHerck, komandan Komando Utara AS dan Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD), mengonfirmasi bahwa pemerintah China sebelumnya mengirim balon pengintai di atas AS yang tidak terdeteksi.

“Setiap hari sebagai komandan NORAD, adalah tanggung jawab saya untuk mendeteksi ancaman terhadap Amerika Utara,” ujar dia dalam pengarahan.

“Saya akan memberi tahu Anda bahwa kami tidak mendeteksi ancaman itu. Dan itu adalah celah kesadaran domain yang harus kami cari tahu.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)