Tiga Bom Bunuh Diri Guncang Mali, 9 Tewas dan 60 Terluka

Minggu, 23 April 2023 - 09:12 WIB
loading...
Tiga Bom Bunuh Diri Guncang Mali, 9 Tewas dan 60 Terluka
Tiga bom bunuh diri guncang Mali, tewaskan 9 orang dan melukai 60 lainnya. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BAMAKO - Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 60 lainnya cedera ketika tiga serangan bom bunuh diri menghancurkan sekitar 20 bangunan di kota Sevare, Mali tengah, pada Sabtu pagi. Hal itu diungkapkan juru bicara gubernur daerah itu.

"Semua yang tewas dan terluka dalam ledakan itu adalah warga sipil," kata juru bicara Yacouba Maiga kepada Reuters melalui telepon seperti dikutip dari VOA, Minggu (23/4/2023).

Hingga kini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.



Mali adalah pusat pemberontakan dengan kekerasan yang berakar di utara yang gersang setelah pemberontakan separatis Tuareg pada 2012, dan Sevare adalah rumah bagi pangkalan militer besar Mali dan pasukan dari misi PBB.

Sejak pemberontakan, militan yang memiliki hubungan dengan al-Qaida dan kelompok Negara Islam (ISIS) telah menyebar ke negara-negara di wilayah Sahel di selatan Sahara dan baru-baru ini ke negara-negara pantai, merebut wilayah, membunuh ribuan orang dan mencerabut jutaan orang dari rumah mereka dalam prosesnya.

Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan beberapa bangunan, termasuk pom bensin, yang hancur akibat ledakan, serta orang-orang terluka yang diberikan bantuan. Reuters tidak dapat memverifikasi gambar secara independen.

Serangan itu terjadi dua hari setelah kepala staf presiden sementara Mali dan tiga orang lainnya tewas dalam penyergapan.



Sebelumnya pada hari Sabtu, pemerintah negara Afrika Barat mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi nasional bahwa "serangan teroris" telah dihentikan oleh tentara di Sevare.

"Tiga kendaraan berisi bahan peledak dihancurkan oleh tembakan pesawat tak berawak tentara," kata pernyataan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang korban.

Secara terpisah pada hari Sabtu, tentara Mali mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah helikopter militer yang kembali dari misi telah jatuh di lingkungan perumahan di ibukota, Bamako, dan sedang menilai lokasi kecelakaan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)