Peneliti Austria Temukan Bab Alkitab yang Hilang 1.500 Tahun Silam

Rabu, 12 April 2023 - 17:45 WIB
loading...
Peneliti Austria Temukan Bab Alkitab yang Hilang 1.500 Tahun Silam
Peneliti Austria Temukan Bab Alkitab yang Hilang 1.500 Tahun Silam. FOTO/Kiis1001
A A A
WINA - Seorang ahli abad pertengahan dari Austrian Academy of Sciences, Grigory Kessel telah membuat penemuan penting. Ia menemukan manuskrip Palestina berlapis yang diperkirakan ditulis dalam teks Syria 1.500 tahun yang lalu.

Ia mencoba untuk mengungkap salah satu terjemahan Injil paling awal dari abad ke-3, yang disalin pada abad ke-6. “Sampai baru-baru ini, hanya dua manuskrip yang diketahui berisi terjemahan Injil Syria Kuno,” jelas Kessel, seperti dikutip dari Kiis1001, Rabu (12/4/2023).



Meskipun para peneliti tidak dapat mengungkapkan terjemahan lengkap dari bab yang baru ditemukan, mereka membagikan beberapa temuan mereka. Misalnya, setelah memeriksa bahasa Yunani asli dari Matius pasal 12, ayat 1.

Ayat itu berbunyi “Pada waktu itu Yesus pergi ke ladang gandum pada hari Sabat; dan murid-muridnya menjadi lapar dan mulai memetik bulir-bulir gandum dan makan,” mereka menemukan bahwa kata-kata bahasa Syria sebenarnya diterjemahkan menjadi “[…] mulai memetik bulir-bulir gandum, menggosokkannya di tangan mereka, dan memakannya.”

Mengenai penanggalan buku Injil, para ilmuwan menulis dalam penelitian bahwa "tidak diragukan lagi bahwa buku itu diproduksi tidak lebih dari abad keenam," meskipun sejumlah manuskrip bertanggal dari periode ini terbatas.



Namun, perbandingan dengan manuskrip Syria kuno memungkinkan para peneliti untuk mempersempit kerangka waktu yang mungkin menjadi paruh pertama abad keenam. Claudia Rapp, Direktur Institute for Medieval Research di OeAW menyatakan, bahwa teks yang baru ditemukan itu sekarang akan dipelajari dan dianalisis oleh para pemuka agama.

“Tak perlu dikatakan bahwa penemuan saksi baru untuk versi Syria Lama, dan khususnya kesepakatannya yang luar biasa dengan Curetonianus, layak untuk dipelajari dalam konteks sejarah transmisi teks Injil dalam bahasa Syria,” katanya.

“Manuskrip paling awal yang bertahan dengan terjemahan Syria ini berasal dari abad ke-6 dan diawetkan dalam lapisan terhapus, yang disebut palimpsest, dari daun perkamen yang baru ditulis,” lanjut Rapp.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)