Paus Fransiskus Akhiri Lawatan Afrika dengan Kunjungi Masjid

Senin, 30 November 2015 - 15:49 WIB
Paus Fransiskus Akhiri Lawatan Afrika dengan Kunjungi Masjid
Paus Fransiskus Akhiri Lawatan Afrika dengan Kunjungi Masjid
A A A
BANGUI - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus (Francis) mengakhiri lawatan ke tiga negara di Afrika dengan mengunjungi sebuah masjid di Bangui, Republik Afrika Tengah (CAR). Uniknya, masjid yang dikunjungi Paus Francis itu berada di wilayah yang “dikepung” milisi Kristen.

Dengan kunjungan itu, Paus Francis berharap bisa menjembatani kesenjangan agama di Republik Afrika Tengah yang sudah tiga tahun terakhir dilanda kekerasan.

Paus sebelumnya telah lawatan ke Kenya dan Uganda. Selama dua hari kunjungan Paus ke bekas koloni Prancis itu berlangsung di tengah gelombang kekerasan dan keamanan belum terjamin.

Pasukan penjaga perdamaian PBB di CAR bersama pasukan tambahan yang berjumlah lebih dari 3 ribu orang siaga untuk mengamankan kota selama kunjungan Paus Francis berlangsung. Pemerintah setempat juga memerintahkan 500 polisi dan jaksa juga ditugaskan untuk mengamankan kota-kota yang disambangi Paus Francis.

Kelompok mayoritas Kristen dan minoritas Muslim antusias menyambut kunjungan Paus. Pemimpin Vatikan itu berharap lawatannya bisa memacu dialog baru dan membantu memulihkan perdamaian di negara –negara Afrika.

Di CAR, milisi Kristen anti-Balaka terlibat permusuhan dengan warga Muslim, di mana rute-rute utama wilayah komunitas Muslim di negara itu diblokade. ”Kita hidup di sebuah penjara terbuka,” kata Ahmadou Tidjane Moussa Naibi, imam masjid yang dikunjungi Paus Francis, seperti dikutip Reuters, Senin (30/11/2015).

”Kami kehilangan segalanya. Kami tidak memiliki akses ke rumah sakit. Kami tidak memiliki akses ke pendidikan. Kami bahkan tidak memiliki akses ke kuburan kami,” keluh Naibi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3433 seconds (0.1#10.140)