Zelensky Jelaskan Mengapa Dia Tidak Mundur dari Kota Bakhmut

Rabu, 29 Maret 2023 - 23:00 WIB
loading...
Zelensky Jelaskan Mengapa Dia Tidak Mundur dari Kota Bakhmut
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjelaskan alasan dia tidak mau mundur dari kota Artyomovsk yang dikenal sebagai Bakhmut di Ukraina.

Menurut dia, jika pasukannya menyerahkan Bakhmut, pemerintahnya akan berada di bawah tekanan domestik dan internasional untuk mengupayakan perdamaian dengan Rusia.

“Masyarakat kita akan merasa lelah,” papar dia kepada Associated Press (AP) dalam wawancara yang dirilis Rabu (29/3/2023).

Dia menjelaskan, “Masyarakat kita akan mendorong saya untuk berkompromi dengan mereka.”

Pejabat Barat menggambarkan Artyomovsk, tempat pertempuran sengit selama beberapa bulan, kurang penting secara militer.



Di balik pintu tertutup, mereka bersama dengan pimpinan militer Zelensky sendiri dilaporkan telah mendesak presiden untuk memerintahkan penarikan, sehingga pasukannya dapat fokus mempersiapkan serangan balasan dengan senjata berat yang disediakan AS dan sekutunya.

Berbicara kepada AP sebagian besar dalam bahasa Inggris, selama apa yang digambarkan agensi sebagai "perjalanan membangun moral" dengan kereta api melintasi Ukraina, Zelensky menyebut Rusia akan semakin berani jika merebut Artyomovsk.

Menurut Zelensky, Presiden Rusia Vladimir Putin akan "menjual kemenangan ini ke Barat, ke masyarakatnya, ke China, ke Iran."

"Jika dia merasakan darah, bau bahwa kita lemah, dia akan mendorong, mendorong, mendorong," papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)