alexametrics

Badai Dahsyat Patricia Intai Meksiko, 10.000 Turis Dievakuasi

loading...
Badai Dahsyat Patricia Intai Meksiko, 10.000 Turis Dievakuasi
Badai dahsyat Patricia mengintai wilayah Meksiko, ribuan turis dievakuasi. | (NOAA)
A+ A-
MEXICO CITY - Pihak berwenang Meksiko semalam mengumumkan bahwa sekitar 10 ribu turis telah dievakuasi dari berbagai hotel setelah badai dahsyat Patricia diprediksi akan menyapu wilayah di negara itu.

 

Badai Patricia masuk badai kategori lima dengan kecepatan angin 200 mil per jam. Menurut laporan Reuters, Sabtu (24/10/2015), badai itu diperkirakan akan mendarat di pantai Meksiko dalam beberapa hari ini. Status keadaan darurat telah diberlakukan di 56 kota di Meksiko.

 

Menurut otoritas peramal cuaca, badai Patricia akan mendarat di negara bagian barat Jalisco, termasuk Kota Puerto Vallarta. Pihak berwenang setempat mendesak masyarakat untuk menjauhkan diri dari jalan-jalan kota untuk meminimalkan kemungkinan jumlah korban.

 

Gubernur Negara Bagian Jalisco, Jorge Aristoteles Sandoval Diaz, mengatakan, pemerintah pusat federal telah mengirim 800 petugas polisi ke Puerto Vallarta untuk melindungi bangunan komersial dan rumah-rumah dari penjarahan yang mungkin terjadi jika bangunan rusak diterjang badai.

Banjir secara signifikan juga diperkirakan akan melanda kawasan Puerto Vallarta dan wilayah Manzanillo.

 

Sementara itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Meksiko menyatakan pihak National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) telah merekomendasikan evakuasi warga yang ada di dekat pantai Pasifik Meksiko.

 

”Orang yang terletak di pedalaman di jalur Badai Patricia harus mengambil tindakan yang tepat untuk menjamin keselamatan mereka," kata pihak Kedubes AS dalam sebuah pernyataan. ”NOAA merekomendasikan bahwa warga di daerah dataran rendah di dekat pantai segera mengungsi.”

 

”Badai Ini sekarang dianggap salah satu badai paling kuat dan berbahaya dalam sejarah,” lanjut pernyataan Kedubes AS.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak