Zelensky Desak Eropa Beri Lebih Banyak Bantuan, atau Perang Akan Berlarut-larut

Jum'at, 24 Maret 2023 - 10:47 WIB
loading...
Zelensky Desak Eropa Beri Lebih Banyak Bantuan, atau Perang Akan Berlarut-larut
Zelensky Desak Eropa Beri Lebih Banyak Bantuan, atau Perang Akan Berlarut-larut. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (23/3/2023) mendesak Eropa untuk meningkatkan dan mempercepat pasokan senjata ke negaranya serta menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Rusia. Menurutny, jika itu tidak dilakukan, maka perang dapat berlarut-larut selama bertahun-tahun.

Dalam pidato video yang panjang dan tajam kepada para pemimpin Uni Eropa, yang disampaikan dari kereta api, Zelensky yang jelas-jelas frustrasi mengatakan bahwa blok 27 negara itu harus mengambil tindakan untuk menahan Rusia selama lebih dari setahun dalam invasinya ke Ukraina.



Secara khusus, dia menegaskan kembali tuntutan untuk rudal jarak jauh, lebih banyak amunisi dan lebih banyak pesawat modern. Ia juga mengatakan, UE perlu mempercepat proses untuk memberikan keanggotaan Ukraina.

"Jika Eropa menunggu, kejahatan mungkin punya waktu untuk berkumpul kembali dan bersiap untuk perang bertahun-tahun. Adalah kekuatan Anda untuk mencegah ini," kata Zelensky, seperti dikutip dari JPost.

Zelensky sangat kritis terhadap apa yang disebutnya keterlambatan UE dalam menandakan sanksi yang lebih kuat terhadap Rusia.

"Rekan-rekan yang terhormat, tidakkah Anda merasa bahwa keberhasilan kita lebih sedikit daripada penundaan dalam tindakan bersama kita? Sayangnya, memang demikian. Dan, Kremlin melihat itu," katanya.



"Kami tidak dapat terus menunda pengiriman senjata kepada tentara kami. Kami membutuhkan pesawat modern. Kami membicarakan hal ini. Apakah benar-benar ada motivasi rasional dalam penundaan terkait pesawat modern?," lanjutnya.

Zelensky berterima kasih kepada Polandia dan Slovakia - sekarang anggota NATO dan sebelumnya bagian dari Pakta Warsawa - karena setuju untuk memasok pesawat MiG buatan Soviet yang dapat diterbangkan oleh pilot Ukraina tanpa pelatihan tambahan.

Selama ini, sekutu Barat telah menyatakan keberatan yang parah tentang pengiriman pejuang barat terbaru ke Ukraina. Zelensky juga mengeluhkan bahwa UE tampaknya tidak terburu-buru untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)