alexametrics

Ekonom Kelahiran Inggris Sabet Nobel Bidang Ekonomi

loading...
Ekonom Kelahiran Inggris Sabet Nobel Bidang Ekonomi
Ekonom kelahiran Inggris, Angus Deaton memenangkan nobel di bidang ekonomi. (Istimewa)
A+ A-
STOCKHOLM - Ekonom kelahiran Inggris, Angus Deaton memenangkan nobel di bidang ekonomi. Menurut Royal Swedish Academy, pihak yang menganugerahkan hadiah nobel, Deaton diganjar salah satu pengharagaan paling tinggi di dunia itu atas analisanya mengenai hubungan konsumsi, kemiskinan dan kesejahteraan.

 

Royal Swedish Academy menuturkan analisa yang dilakukan pria berusia 70 tahun itu telah membawa pengaruh besar pada pembuatan kebijakan, membantu untuk menentukan kelompok sosial yang terpengaruh oleh peningkatan pajak pertambahan nilai pada makanan, dan lain sebagainya.

 

"Untuk merancang kebijakan ekonomi yang mempromosikan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan, kita harus terlebih dahulu memahami pilihan konsumsi individu. Lebih dari orang lain, Angus Deaton telah meningkatkan pemahaman ini," bunyi pernyataan Royal Swedish Academy.

 

"Deaton juga mempelopori penggunaan data survei rumah tangga di negara-negara berkembang, khususnya data tentang konsumsi, untuk mengukur standar hidup dan kemiskinan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (12/10).

 

Penghargaan nobel bidang ekonomi, memilki nama resmi Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel, yang mulai dianugerahkan sejak tahun 1968.

 

Nobel bidang ekonomi juga bukan bagian dari kelompok asli penghargaan yang ditetapkan oleh Alfred Nobel pada tahun 1985.

 

Sementara itu, Deaton sendiri merupakan pria kelahiran Edinburgh dan saat ini memegang dua kewarganegaraan, yakni Inggris dan Amerika Serikat (AS). Dia adalah profesor Ekonomi dan Urusan Internasional di Universitas Princeton di AS.

 
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak