7 Negara dengan Drone Terbanyak di Dunia, Nomor 5 Sedang Perang

Senin, 20 Maret 2023 - 17:44 WIB
loading...
7 Negara dengan Drone Terbanyak di Dunia, Nomor 5 Sedang Perang
Sejumlah drone terlihat di pangkalan bawah tanah di lokasi yang dirahasiakan di Iran. Foto/Tentara Iran/WANA/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pesawat udara tak berawak (UAV) atau umumnya dikenal drone digunakan untuk misi intelijen, pengawasan, akuisisi target, hingga pengintaian.

Sejumlah negara pun telah mampu mengembangkan serta memiliki drone untuk memperkuat militernya.

Berikut Ini Negara dengan Drone Terbanyak menurut Armedforces.eu:

1. Amerika Serikat (334 Unit)

Sejauh ini, Amerika Serikat menjadi pemimpin dunia dalam teknologi drone. Melansir laman armedforces.eu, Amerika Serikat mempunyai 334 unit drone.

Drone memberi militer Amerika Serikat pengalaman terkait arsitektur, desain hingga penggunaan teknologi.

Setiap layanan Amerika Serikat mempekerjakan drone guna melakukan misi mulai dari serangan hingga relai komunikasi.

2. Turki (172 Unit)

Negara yang dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan ini mempunyai 172 unit drone. Dengan drone yang dimiliki, Turki telah menjadi negara di dunia yang maju dalam teknologi drone.

Turki bertekad untuk menjadi negara terdepan dalam pengembangan drone. Menurut Erdogan, tingkat yang telah dicapai Turki dalam teknologi drone menunjukkan keberhasilannya dalam industri pertahanan.

3. China (151 Unit)

China mempunyai 151 unit drone. China menyadari betapa menguntungkannya pasar internasional dan mulai berinvestasi dalam memproduksi drone.

Menggunakan drone memberi China akses ke wilayah udara yang diperebutkan tanpa menyampaikan ancaman.

China akan tetap menjadi pemain di pasar drone serta tampaknya mengambil langkah yang tepat dengan menekankan kerja sama publik dan swasta dalam teknologi ini.

4. Pakistan (113 Unit)

Pakistan mempunyai 113 unit drone. Melansir eurasiantimes.com, Pakistan menyadari peran drone pada peperangan pada abad ke-21.

Negara ini memulai pengembangan drone untuk tujuan pengawasan dan serangan. Drone andalan Pakistan untuk misi penyelamatan adalah Sharper II.

Sharper II dirancang serta diproduksi oleh GIDS, perusahaan kedirgantaraan milik Pakistan. Drone ini mempunyai daya tahan terbang mencapai 14 jam.

5. Rusia (100 Unit)

Negara yang dipimpin oleh Presiden Rusia Vladimir Putin mempunyai 100 unit drone. Industri kedirgantaraan Rusia mempunyai kekuatan untuk menghasilkan hingga mengembangkan drone.

Rusia menggunakan drone guna mengidentifikasi dan melacak pasukan Ukraina serta memasok data ke separatis.

6. Iran (83 Unit)

Iran mempunyai 83 unit drone. Diketahui, Iran telah menggunakan drone secara ekstensif di Suriah dan Irak.

Iran memasok pemerintah Suriah dan Irak dengan data pengintaian serta mengidentifikasi target untuk serangan drone. Selain itu, Iran juga mengekspor drone ke pihak Hizbullah.

7. Mesir (32 Unit)

Mesir mempunyai 32 unit drone. Pada akhir 1980-an, Mesir merupakan salah satu negara Arab pertama yang menggunakan drone pengintaian.

Mesir membuat drone lokal pertamanya yaitu EJune-30 SW serta Nut yang ditampilkan selama Pameran Pertahanan Mesir (EDEX), pada 29 November dan 2 Desember 2021.

Diketahui, EJune-30 SW dapat membawa muatan maksimal hingga 260 kilogram. Sementara, Nut mempunyai kapasitas maksimal 65 kilogram.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)