Tak Ada Tanda-tanda Ukraina Tarik Mundur Pasukan dari Bakhmut

Jum'at, 17 Maret 2023 - 05:56 WIB
loading...
Tak Ada Tanda-tanda Ukraina Tarik Mundur Pasukan dari Bakhmut
Tak Ada Tanda-tanda Ukraina Tarik Mundur Pasukan dari Bakhmut. FOTO/Reuters
A A A
BAKHMUT - Situasi pasukan Rusia yang mencoba merebut kota Bakhmut di Ukraina dinilai "sulit", karena tidak ada tanda-tanda Kiev siap untuk memerintahkan penarikan pasukannya. Hal itu diungkapkan pemimpin wilayah Donetsk, Kamis (16/3/2023).

Pasukan Rusia - dipimpin oleh milisi swasta Wagner - telah mencoba untuk mengepung dan merebut kota Ukraina timur selama berbulan-bulan. Ini menjadi salah satu pertempuran paling berdarah dalam perang selama setahun.



Rusia menyebut kota itu dengan nama era Soviet, Artyomovsk. Bagi Rusia, merebut kota itu akan memungkinkannya meluncurkan lebih banyak serangan ke wilayah Ukraina.

“Situasi di Artyomovsk tetap rumit dan sulit,” kata Denis Pushilin, kepala wilayah Donetsk Ukraina yang dipasang Rusia, dalam sebuah wawancara di TV pemerintah, seperti dikutip dari Reuters. “Artinya, kami tidak melihat ada premis bahwa musuh akan menarik unit begitu saja,” tambahnya.

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin mengatakan, pasukannya menguasai hampir separuh kota dan hanya satu jalan keluar yang tersisa ke Ukraina.

Di sisi lain, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berulang kali mengatakan tidak akan menarik pasukannya dari Bakhmut. Bahkan, ketika pejabat Kiev dan Barat meremehkan pentingnya peran strategis kota itu, yang telah dihancurkan oleh penembakan artileri dan pertempuran kota selama berbulan-bulan oleh pasukan Ukraina.



Pasukan Ukraina kalah senjata dan kalah jumlah, tetapi di lereng bukit kapur di selatan Bakhmut, ada kelompok anti-tank dari Brigade Assault Terpisah ke-3. Mereka telah menggali parit jauh ke dalam bumi. Alat peraga kayu yang menopang atap bergetar saat artileri Rusia mendarat dalam jarak dekat.

"Mereka tidak dapat mencapai kami, kami dapat melihat sejauh satu kilometer ke segala arah," kata seorang tentara berjanggut berusia 26 tahun yang menggunakan tanda panggilan "Kurcaci". "Kami bisa menyerang musuh dengan segala yang kita miliki," katanya.

Baik tentara Rusia maupun Ukraina tidak merilis angka korban resmi untuk Bakhmut, atau di tempat lain, tetapi kota yang sebagian besar ditinggalkan itu telah menjadi tempat pembantaian.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)