4 Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Negara, Pesta Manisan hingga Kembang Api

Selasa, 07 Maret 2023 - 14:23 WIB
loading...
4 Tradisi Malam Nisfu Syaban di Berbagai Negara, Pesta Manisan hingga Kembang Api
Ada beragam tradisi perayaan malam Nisfu Syaban di berbagai negara, salah satunya pesta manisan dan kembang api. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Malam Nisfu Syaban dirayakan dengan berbagai tradisi di beberapa negara. Umumnya pada malam yang dianggap penuh berkah oleh umat Islam ini, setiap orang akan meningkatkan amal ibadahnya.

Umat Islam di beberapa negara juga menyambut malam Nisfu Syaban dengan tradisi unik. Mulai dari menghabiskan waktu dengan ibadah penuh hingga berpesta kembang api.

Berikut tradisi malam Nisfu Syaban di berbagai negara :

1. Pesta Manisan dan Kue

Mengtuip Infinity Learn, umat muslim merayakan festival ini dengan berdoa dan membaca Al-Qur’an. Mereka juga menyiapkan manisan lezat.

Muslim di Bangladesh, misalnya, berpesta manisan dan kue saat perayaan ini. Halwa dan firni adalah dua item yang paling disukai.

Manisan biasanya juga dibagikan kepada tetangga, kerabat, anggota keluarga, dan orang miskin.

Selain Bangladesh, tradisi ini biasa ditemukan di Irak, Iran,dan Uni Emirat Arab.

2. Membagikan Permen

Pada malam sebelum 15 Syaban, beberapa negara memiliki tradisi membagikan permen yang biasa disebut dengan Halva.

Selain pada hari sebelum malam Nisfu Syaban, tradisi ini juga biasa dilakukan ketika malam Isra Mi'raj, Lailatul Qadr, dan Laylatul Raghaib.

Beberapa negara yang masih mempertahankan tradisi ini adalah Irak, UEA, hingga negara Eropa seperti Bosnia.

Melansir dari Gulf Today, pada malam Nisfu Syaban di UEA anak-anak mengenakan pakaian tradisional berwarna-warni sambil bernyanyi di lingkungan mereka untuk mendapatkan permen.

3. Berat Kandili

Tradisi yang dilakukan di beberapa negara di Timur Tengah termasuk Turki dan Suriah ini merupakan cara umat Islam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Dilansir dari Inside Out In Istanbul, umat Islam akan berpuasa di siang harinya dan malam akan dihabiskan dengan berkumpul di masjid untuk berdoa dan meminta pengampunan.

Hal tersebut dilakukan karena setiap umat muslim percaya bahwa malam itu merupakan malam mulia di mana segala dosa akan diampuni.

4. Pesta Kembang Api

Menurut The Wire, malam Nisfu Syaban atau yang lebih dikenal Shab e Barat kerap dirayakan dengan mengunjungi masjid, menyalakan lilin, hingga pesta kembang api. Tradisi ini biasa dilakukan di India.

Selain menyalakan kembang api, mereka para umat Islam di India juga akan berdoa sepanjang malam dan juga membaca Al-qur’an.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)