China Tambah Anggaran Pertahanan untuk Respons Perubahan Situasi Keamanan

Minggu, 05 Maret 2023 - 05:01 WIB
loading...
China Tambah Anggaran Pertahanan untuk Respons Perubahan Situasi Keamanan
Anggota tim China mengoperasikan tank Tipe 96A selama kompetisi Tank Biathlon di International Army Games 2022 di Alabino, luar Moskow, Rusia, 16 Agustus 2022. Foto/REUTERS/Maxim Shemetov
A A A
BEIJING - China meningkatkan anggaran pertahanannya untuk menghadapi tantangan keamanan yang kompleks dan memenuhi kewajiban negara.

Juru bicara sesi pertama Kongres Rakyat Nasional ke-14 Wang Chao menjelaskan hal itu pada Sabtu (4/3/2023).

"Peningkatan belanja pertahanan didorong kebutuhan untuk menanggapi tantangan keamanan yang kompleks dan kebutuhan untuk memenuhi kewajiban negara besar," papar Wang kepada wartawan.

Juru bicara itu menambahkan, besaran belanja militer juga ditentukan oleh kebutuhan dasar pembangunan pertahanan dan tingkat perkembangan ekonomi nasional.



Pada saat yang sama, Wang menolak merinci berapa banyak China akan meningkatkan pengeluaran pertahanannya pada tahun 2023, meskipun menambahkan semua detail akan ditetapkan dalam rancangan anggaran negara yang diharapkan akan diterbitkan pada Minggu.

Juru bicara itu mencatat porsi anggaran pertahanan China sebagai persentase dari PDB negara itu sebagian besar tetap stabil dan di bawah angka rata-rata global selama bertahun-tahun.

"Tingkat pertumbuhan relatif moderat dan masuk akal," ujar Wang.

Dia juga mengatakan, “Modernisasi angkatan bersenjata China tidak akan menimbulkan ancaman bagi negara mana pun tetapi sebaliknya, itu akan menjadi kekuatan positif untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan dan di seluruh dunia."

China terus meningkatkan anggaran pertahanannya setiap tahun, meskipun Beijing menganut doktrin militernya yang bersifat defensif dan tidak berpartisipasi dalam perang atau konflik militer.

Pada tahun 2022, China berencana menaikkan anggaran militernya sebesar 7,1% year-on-year menjadi 1,45 triliun yuan (USD209,9 miliar).
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)