Menteri Israel Serukan Pemusnahan Kota Palestina, Arab Saudi: Rasis, Memalukan!

Sabtu, 04 Maret 2023 - 09:52 WIB
loading...
Menteri Israel Serukan Pemusnahan Kota Palestina, Arab Saudi: Rasis, Memalukan!
Arab Saudi kecam menteri Israel yang serukan pemusnahan Huwara, kota Palestina di Tepi Barat yang diamuk massa pemukim Yahudi Israel. Foto/Shlomi Heller/Walla
A A A
RIYADH - Kerajaan Arab Saudi mengecam keras Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich yang menyerukan pemusnahan kota Huwara, Palestina , sebagai seruan rasis dan memalukan.

Kota yang dilanda kekerasan dalam beberapa dua pekan terakhir ini berada Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki Israel.

"Kerajaan sepenuhnya menolak pernyataan rasis dan tidak bertanggung jawab yang mencerminkan besarnya kekerasan dan ekstremisme yang dilakukan oleh entitas pendudukan Israel terhadap saudara-saudara Palestina," kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Sabtu (4/3/2023).



Kementerian tersebut juga meminta komunitas internasional untuk mencegah praktik-praktik Israel yang mereka sebut "memalukan", mengakhiri eskalasi, dan memberikan perlindungan yang diperlukan bagi warga sipil.

Ratusan pemukim Yahudi Israel, beberapa bersenjatakan pisau dan senjata api, pada hari Minggu mengamuk di Huwara dan membakar puluhan rumah dan bisnis.

Itu terjadi setelah dua bersaudara asal Israel ditembak dan dibunuh di dekat kota itu. Seorang warga Palestina kemudian tewas dalam serangan massa pemukim Yahudi Israel.

Menteri Smotrich, yang partainya ingin Israel secara resmi mencaplok sebagian besar Tepi Barat, menarik pernyataannya setelah menuai banyak kecaman.

Amerika Serikat telah menuntut agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak seruan Smotrich soal pemusnahan kota Huwara.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)