Hamas Kutuk Seruan Menteri Israel Soal Penghancuran Kota Huwara

Jum'at, 03 Maret 2023 - 02:30 WIB
loading...
Hamas Kutuk Seruan Menteri Israel Soal Penghancuran Kota Huwara
Hamas Kutuk Seruan Menteri Israel Soal Penghancuran Kota Huwara. FOTO/Reuters
A A A
GAZA - Hamas mengutuk Menteri sayap kanan Israel , Bezalel Smotrich atas seruannya agar kota Palestina Huwara di Tepi Barat yang diduduki dirobohkan dan dibakar. Seruan Smotrich itu juga mendapat kecaman dari Amerika Serikat (AS).

"Komentarnya merupakan indikasi tingkat kriminalitas dan hasutan terbuka bagi pemukim-milisi untuk melakukan lebih banyak pembantaian terhadap rakyat Palestina dengan kedok resmi dari pemerintah pendudukan fasis," kata juru bicara Hamas, Abd Al-Latif Al-Qanua.



“Rakyat Palestina dan pemuda revolusioner akan memenuhi panggilan Zionis ini dengan lebih banyak persatuan dan perlawanan yang sah terhadap pendudukan,” lanjutnya, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (2/3/2023).

Juru bicara itu menambahkan bahwa seruan Smotrich memerlukan intervensi internasional yang mendesak untuk mengekang ekstremisme dan kekerasan serta meminta pertanggungjawaban para pemimpin Israel.

Smotrich membuat komentar genosida setelah ratusan pemukim ilegal Israel melakukan serangan besar-besaran terhadap warga Palestina dan properti mereka di kota Huwara pada Minggu malam. Lusinan rumah dan mobil dibakar dan seorang pekerja bantuan berusia 37 tahun tewas.



Sementara itu, AS telah meminta Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat senior di negara pendudukan untuk mengutuk secara terbuka pernyataan yang dibuat oleh Smotrich.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan, bahwa komentar yang dibuat oleh menteri itu "tidak bertanggung jawab. Mereka menjijikkan. Mereka menjijikkan." Dia menunjukkan bahwa pernyataan ekstrimis sayap kanan merupakan hasutan untuk melakukan kekerasan.

Smotrich mengepalai partai Zionisme Religius, yang merupakan anggota dari pemerintahan koalisi yang dipimpin oleh Netanyahu. Dia mengatakan sebelumnya pada hari Rabu bahwa adalah tugas Israel untuk "memusnahkan" kota Huwara, yang terletak di Tepi Barat yang diduduki.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)